Meringkas Kabel Motor Blade dan Absolute Revo
Meringkas kabel pada sepeda motor sangatlah mudah bagi mereka - mereka yang sudah terbiasa melakukannya, atau mereka yang sudah mengerti fungsi dari masing - masing pin pada soket CDI dan Kiprok pada sebuah sepeda motor.
Baca juga : Pin Soket CDI Motor Honda
Sebenarnya pada semua sepeda motor sama cara kerja komponen pengapian tersebut, yang membedakan hanya pada fungsi masing - masing pin Kiprok dan CDI nya saja, awalnya saya juga merasa bingung mengenai jalur pengapian sepeda motor tetapi dengan adanya kemauan untuk belajar dan tekat yang kuat akhirnya saya mampu menguasai kabel body pada semua jenis kendaraan sepeda motor yang masih menggunakan CDI, dan saat ini saya juga masih belajar memahami jalur pengapian dan kelistrikan untuk semua sepeda motor terbaru yang tentunya sudah tidak memakai CDI dan di gantikan oleh ECU atau ECM bisa juga di katakan motor injeksi untuk lebih jelasnya.
Baca juga : Arti Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki
Kita sudah hidup di jaman yang moderen semua alat serba canggih sepeda motor juga semakin canggih, yang lama semakin tertinggal dan tak terurus tetapi di desa tempat saya tinggal sepeda motor lama malah banyak di cari soalnya desa saya bisa di katakan desa petani, dan motor - motor lama tersebut mereka gunakan untuk pergi bertani dan pergi kerja ke tempat - tempat ladang dengan jalan yang terjal, maka dari itu sepeda motor lama masih cukup banyak diminati di desa saya meskipun mereka sudah mempunyai motor keluaran terbaru tetapi mereka enggan membawanya ke ladang ataupun untuk pergi bertani.
Barang kali para pembaca disini mempunyai sepeda motor jenis Blade atau Revo Absolute yang memang sudah tidak layak jalan ke jalan raya dan mungkin hanya ingin membawanya untuk ke ladang atau ke pedalaman hutan gunung dan lainnya tetapi ingin membuat tampilan motor seperti motor trail hanya terlihat sasis dan mesinnya saja tanpa di pasangi body motor dan kepala motornya, dan sekalian ingin meringkas kabel pengapiannya maka saya ingin sedikit berbagi ilmu untuk anda yang saat ini membutuhkan trik dan cara saya.
Baca Juga : Membuat Jalur Stater Elektrik Sepeda Motor
Baiklah sebelum di mulai sebaiknya siapkan cemilan dan kopi supaya kerjanya menjadi semangat dan cermat, langsung mulai saja lihat dan perhatikan motor anda tersebut kemudian lepas semua kabel body yang ada pada sasis atau rangkanya, potong kabel yang dari soket Kiprok dan soket CDI kira - kira sepuluh atau lima belas sentimeter panjang sisa kabel dari kedua soket tersebut, soalnya soketnya masih kita gunakan lagi terkecuali jika mau di ganti baru semua kedua soket tersebut.
Untuk pemasangan terserah anda enaknya dari mana dulu mau itu dari kunci kontak, lampu depan, atau dari yang lainnya, intinya jangan tergesa - gesa dan jangan sampai salah kalau salah pasang nanti CDI bisa - bisa jadi korban, dan satu lagi pesan saya setiap sambungan kabel sebaiknya dililit yang kuat supaya tidak lepas atau kendor yang nantinya malah membuat motor jadi mogok akibat terlepasnya salah satu sambungan kabel tersebut, dan jangan lupa bungkus setiap sambungan menggunakan isolasi supaya tidak saling bersentuhan atau supaya tidak konsleting arus listriknya, rapihkan menggunakan kabel ties supaya kabel tidak berserakan atau bergelantungan di mana - mana.
Perhatikan masing - masing warna dan fungsi kabel dari skema tersebut untuk warna kabel Kuning itu adalah kabel untuk lampu utama tau lampu depan dan ujung satunya menuju ke Spull lampu, warna kabel Hijau adalah kabel Massa (-) atau kabel arus Negatif, kaitkan jadi satu pada kabel yang berwarna Hijau kemudian kaitkan ke rangka motor atau ke mesin motor, warna kabel Merah yaitu kabel arus Positif 12 volt yang keluar dari kiprok menuju ke AKI kemudian ke Kunci kontak setelah keluar dari Kunci kontak saya ganti menggunakan kabel warna Hitam strip merah kemudian menuju ke CDI, kabel warna Hitam strip kuning yaitu kabel output dari CDI kemudian menuju ke input KOIL, kabel warna Biru strip kuning yaitu kabel menuju ke Pulser, letak Pulser sama dengan Spull ada di bak magnet, dan yang terakhir kabel warna Putih, kabel tersebut adalah kabel yang menuju ke Spull pengisian.
Setelah semua terpasang dengan baik dan benar sebaiknya jangan langsung di test alangkah baiknya berdo'a dulu semoga tidak terjadi apa - apa, jika sudah berdo'a silahkan di test apakah mesin motor bisa hidup atau tidak, itu lah cara saya dalam mengatasi cara meringkas kabel body untuk pengapian sepeda motor dan jika anda mempunyai cara sendiri silahkan pakai cara anda sendiri dan apabila cara anda gagal silahkan pakai cara saya dan semoga artikel ini dapat membantu para pembaca disini baik yang sedang iseng membuka ataupun yang memang sedang serius untuk mencari tau cara meringkas kabel pengapian motor.
Baca juga : Pin Soket CDI Motor Honda
Sebenarnya pada semua sepeda motor sama cara kerja komponen pengapian tersebut, yang membedakan hanya pada fungsi masing - masing pin Kiprok dan CDI nya saja, awalnya saya juga merasa bingung mengenai jalur pengapian sepeda motor tetapi dengan adanya kemauan untuk belajar dan tekat yang kuat akhirnya saya mampu menguasai kabel body pada semua jenis kendaraan sepeda motor yang masih menggunakan CDI, dan saat ini saya juga masih belajar memahami jalur pengapian dan kelistrikan untuk semua sepeda motor terbaru yang tentunya sudah tidak memakai CDI dan di gantikan oleh ECU atau ECM bisa juga di katakan motor injeksi untuk lebih jelasnya.
Baca juga : Arti Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki
Kita sudah hidup di jaman yang moderen semua alat serba canggih sepeda motor juga semakin canggih, yang lama semakin tertinggal dan tak terurus tetapi di desa tempat saya tinggal sepeda motor lama malah banyak di cari soalnya desa saya bisa di katakan desa petani, dan motor - motor lama tersebut mereka gunakan untuk pergi bertani dan pergi kerja ke tempat - tempat ladang dengan jalan yang terjal, maka dari itu sepeda motor lama masih cukup banyak diminati di desa saya meskipun mereka sudah mempunyai motor keluaran terbaru tetapi mereka enggan membawanya ke ladang ataupun untuk pergi bertani.
Barang kali para pembaca disini mempunyai sepeda motor jenis Blade atau Revo Absolute yang memang sudah tidak layak jalan ke jalan raya dan mungkin hanya ingin membawanya untuk ke ladang atau ke pedalaman hutan gunung dan lainnya tetapi ingin membuat tampilan motor seperti motor trail hanya terlihat sasis dan mesinnya saja tanpa di pasangi body motor dan kepala motornya, dan sekalian ingin meringkas kabel pengapiannya maka saya ingin sedikit berbagi ilmu untuk anda yang saat ini membutuhkan trik dan cara saya.
Baca Juga : Membuat Jalur Stater Elektrik Sepeda Motor
Baiklah sebelum di mulai sebaiknya siapkan cemilan dan kopi supaya kerjanya menjadi semangat dan cermat, langsung mulai saja lihat dan perhatikan motor anda tersebut kemudian lepas semua kabel body yang ada pada sasis atau rangkanya, potong kabel yang dari soket Kiprok dan soket CDI kira - kira sepuluh atau lima belas sentimeter panjang sisa kabel dari kedua soket tersebut, soalnya soketnya masih kita gunakan lagi terkecuali jika mau di ganti baru semua kedua soket tersebut.
Untuk pemasangan terserah anda enaknya dari mana dulu mau itu dari kunci kontak, lampu depan, atau dari yang lainnya, intinya jangan tergesa - gesa dan jangan sampai salah kalau salah pasang nanti CDI bisa - bisa jadi korban, dan satu lagi pesan saya setiap sambungan kabel sebaiknya dililit yang kuat supaya tidak lepas atau kendor yang nantinya malah membuat motor jadi mogok akibat terlepasnya salah satu sambungan kabel tersebut, dan jangan lupa bungkus setiap sambungan menggunakan isolasi supaya tidak saling bersentuhan atau supaya tidak konsleting arus listriknya, rapihkan menggunakan kabel ties supaya kabel tidak berserakan atau bergelantungan di mana - mana.
Perhatikan masing - masing warna dan fungsi kabel dari skema tersebut untuk warna kabel Kuning itu adalah kabel untuk lampu utama tau lampu depan dan ujung satunya menuju ke Spull lampu, warna kabel Hijau adalah kabel Massa (-) atau kabel arus Negatif, kaitkan jadi satu pada kabel yang berwarna Hijau kemudian kaitkan ke rangka motor atau ke mesin motor, warna kabel Merah yaitu kabel arus Positif 12 volt yang keluar dari kiprok menuju ke AKI kemudian ke Kunci kontak setelah keluar dari Kunci kontak saya ganti menggunakan kabel warna Hitam strip merah kemudian menuju ke CDI, kabel warna Hitam strip kuning yaitu kabel output dari CDI kemudian menuju ke input KOIL, kabel warna Biru strip kuning yaitu kabel menuju ke Pulser, letak Pulser sama dengan Spull ada di bak magnet, dan yang terakhir kabel warna Putih, kabel tersebut adalah kabel yang menuju ke Spull pengisian.
Setelah semua terpasang dengan baik dan benar sebaiknya jangan langsung di test alangkah baiknya berdo'a dulu semoga tidak terjadi apa - apa, jika sudah berdo'a silahkan di test apakah mesin motor bisa hidup atau tidak, itu lah cara saya dalam mengatasi cara meringkas kabel body untuk pengapian sepeda motor dan jika anda mempunyai cara sendiri silahkan pakai cara anda sendiri dan apabila cara anda gagal silahkan pakai cara saya dan semoga artikel ini dapat membantu para pembaca disini baik yang sedang iseng membuka ataupun yang memang sedang serius untuk mencari tau cara meringkas kabel pengapian motor.
Saya mau tanya bang..gimana solusi nya motor yamaha rx king sering habis oli mesin nya.
BalasHapusjika tidak ada oli yg bocor dari bak mesin,,,berarti oli habis akibat ikut terbakar di ruang bakar...solusinya ganti ring seher atau di korter gan...
HapusGan kenapa revo 110 pakai aki hidup tapi gak pakai gak bisa hidup.
HapusMotor revo fit saya akinya mati tidak bisa dicas langsung, kemudian saya tambahkan bantuan elco yg 10000uf/50volt mesin dalam keadaan lambat lampu leting nyala tapi saat lari 40sampai60 kilo perjam letingnya tidak bisa nyala, apa penyebabnya
BalasHapuskalau aki soak ya di ganti gan...elco hanya untuk menyimpan arus sementara,,,intinya kiprok normal gan dan jika mesin di hidupkan kita tester kabel merah baik dari sekring maupun dari kabel positif aki ketika aki di lepas lampu tester menyala, berarti pengisian masih normal
HapusSaya mau tanya bang pengapian udah di buat ringkas kayak petunjuk di atas motor hidup aki gak ngecas kayak pake pengapian totalos apa kira² masalahnya
BalasHapusperiksa kbel"nya lagi gan, siapa tau kabelnya kurang kencang sambungannya...atau soket kiproknya kotor, bisa juga kiproknya sdh mati .
HapusMaaf gan. Mau tanya, kabel hitam garis kuning jika normal memercikkan api apa tidak. Tolong di jawab. Makasih
BalasHapusmemercikan api jika di start gam
HapusMotor revo gua kabel putih yg dr spullnya cuma ngluarin 10volt ac bos... Harusnya berapa volt? Dan apa yg harus saya cek jika ada kerusakan? Tks
BalasHapussetelah keluar dari kiprok brapa volt gan
HapusTerimakasih bos atas artikelnya.semoga jadi amal baikmu
BalasHapusAamiin mksih gan....
HapusGan jika di kontak hidup lampu netral tapi tidak ada pengapian gmna yah gan terimakasih
BalasHapusmotor apa gan
HapusBang saya mau pasang cdi brt dual band di motor revo tapi bingung jalurnya
BalasHapuskan ada skemanya di cdi itu gan,,,
HapusSay punya dual band buat karisma mau di pasang di blade gmna ya gan?????
BalasHapusMohon pencerahan nya
pasangnya sama aja gan yg penting sesuai urutan kabelnya
HapusTlg minta pin CDI kawaskki zone mas
BalasHapusblum ada gan
HapusMaaf saya mau tanya gan, klo kiprok supra bisa di pasang di Revo absolut gak, trs ada yg dirubah gak arus / posisi soket kabelnya.mohon bantuannya gan, mksh.
BalasHapusbisa gan,,, tentunya harus merubah posisi soket pin kabelnya,,,
Hapusmisi gan motor saya Revo 110 2009, Kl kiprok dan aki ganti baru tapi cdi pake yg imitasian apakah masih bisa normal? Atau kl cdi mati apakah. Masih bisa jalan normal seperti biasa?
BalasHapusnormal aja gan,,, yg penting imitasi tapi masih bagus,,, jngan stengah mati,,, dan kalau cdi mati motor pun tidak bisa hidup,
HapusNumpang tnya bang revo FI sya lampu belakangnya klo di kontak lampu normal klo mesih hidup lampunya senja belakangnya kedip2 solusinya bang?
BalasHapusgan numpang tanya revo old saya sering mati 3-4bln sekali ganti, kadang cob ikut leleh, apanya ya gan yg harus ganti? kiprook kah atau apa?
BalasHapusini masalah lampu ya,,,coba perhatikan watt pada bohlam nya,,,jangan pakai yg 35 wattt pakailah yang 25 watt,,, jika lampu motor siang malam tidak pernah mati atau tidak pernah dimatiin,,,lebih baik jika siang pakai yg jarak jauh dan malam pakai yg jarak pendek,,,supaya sama awetnya tidak cepat putus salah satunya
Hapusbang maunanya biar lampu nya ikut aki gimana ,soalnya klo pas stasioner lampu ikut redup"
BalasHapusAmbil jalur aki atau kontak langsung ke kabel kuning ya masuk saklar lampu. Tapi kabel kuning nya di lepas dari soket nya
Hapusdibikin fullwave dulu gan sistem kelistrikannya pkai kiprok tiger supaya aki tidak gmpang tekor ketika lampu diubah kejalur aki......
HapusGan.. Klo motor honda revo 2010 cdi nya di ganti pake yg 5 kaki (cdi grand/supra). Gmn cara ngerubah/ngikutin jalur nya??
BalasHapusgak bisa gan soalnya spull revo absolute tdak ada jalur pengapian ke cdi,,,,karena absolute revo pengapian sistem dc dan supra atau gran pengapian sistem ac,,,,kalaupun mau di pakek cdi grand harus banyak perubahan dari spullnya,,,,
HapusAssalamualaikum, Bang motor saya Revox injeksi gak bisa starter tangan. Aki bagus,soket ,bandit,dinamo starter, bagus tapi kalau di starter lampu kuning ga hidup dan suara kletek ga ada sama sekali.minta solusinya!!
BalasHapustombol stater dan jalur kabel aman gak
HapusMas mau tanya, kalu mau pasang stater skemanya gimana
BalasHapuscari di artikel ku yg lain ada kok skemanya
HapusRevo sy 2009 tdk bisa distater musti diengkol. Api dr busi bagus. Apa cdi mati? Mohon pencerahannya Om... Tks.sebelumnya.
BalasHapusjika di engkol motor mau hidup berarti cdi gak bermasalah gan, coba urut jalur staternya mulai dari tombol stater kabel, bendik, dan dinamonya
Hapusgan mau tanya, kalau motor revo fit 2011, kelistrikanya kadang ada kadang tidak ada, posisi sudah ganti spul dan coil , kira² yang rusak apanya yah?
BalasHapusMau tanya boss ni motor Blade 125.. kabel putih masuk ke pulser da arus trus kabel merah ke CDI da arus.. tanpa menggunakan tanpa menggunakan stater kaki... Menggunakan arus aki motor
BalasHapusMotor revo absolute saya cek pengapian dari spul ada, terus saya cek cabel pengapian kiprok ada,tapi yg saya cek hanya cabel putih saja, cabel di sekitaraan putih eggk saya cek.
BalasHapusApakah cabel di sekitar putih juga mengeluarkan api gan?
Best eCOGRA Sportsbook Review & Welcome Bonus 2021 - CA
BalasHapusLooking for an eCOGRA casinosites.one Sportsbook Bonus? At this eCOGRA septcasino Sportsbook review, we're 출장마사지 talking about a variety wooricasinos.info of ECCOGRA sportsbook promotions. https://deccasino.com/review/merit-casino/
motor saya revo absoluds,permasalahannya,kabel dari kuil ga ada api
BalasHapusMau tanya motor saya blade lama baru ganti aki baru 2 bulan d passng star,sein,klakson mati, kecuali lampy dpan blkang yg hidup, bendik baru beli masih mati, tapi aki masih nyala, sikring gak ada yg ptus, penyebabnya apa
BalasHapus