Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meringkas Kabel Motor Blade dan Absolute Revo

Meringkas kabel pada sepeda motor sangatlah mudah bagi mereka - mereka yang sudah terbiasa melakukannya, atau mereka yang sudah mengerti fungsi dari masing - masing pin pada soket CDI dan Kiprok pada sebuah sepeda motor.

Baca juga : Pin Soket CDI Motor Honda

Sebenarnya pada semua sepeda motor sama cara kerja komponen pengapian tersebut, yang membedakan hanya pada fungsi masing - masing pin Kiprok dan CDI nya saja, awalnya saya juga merasa bingung mengenai jalur pengapian sepeda motor tetapi dengan adanya kemauan untuk belajar dan tekat yang kuat akhirnya saya mampu menguasai kabel body pada semua jenis kendaraan sepeda motor yang masih menggunakan CDI, dan saat ini saya juga masih belajar memahami jalur pengapian dan kelistrikan untuk semua sepeda motor terbaru yang tentunya sudah tidak memakai CDI dan di gantikan oleh ECU atau ECM bisa juga di katakan motor injeksi untuk lebih jelasnya.

Baca juga : Arti Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki

Kita sudah hidup di jaman yang moderen semua alat serba canggih sepeda motor juga semakin canggih, yang lama semakin tertinggal dan tak terurus tetapi di desa tempat saya tinggal sepeda motor lama malah banyak di cari soalnya desa saya bisa di katakan desa petani, dan motor - motor lama tersebut mereka gunakan untuk pergi bertani dan pergi kerja ke tempat - tempat ladang dengan jalan yang terjal, maka dari itu sepeda motor lama masih cukup banyak diminati di desa saya meskipun mereka sudah mempunyai motor keluaran terbaru tetapi mereka enggan membawanya ke ladang ataupun untuk pergi bertani.

Barang kali para pembaca disini mempunyai sepeda motor jenis Blade atau Revo Absolute yang memang sudah tidak layak jalan ke jalan raya dan mungkin hanya ingin membawanya untuk ke ladang atau ke pedalaman hutan gunung dan lainnya tetapi ingin membuat tampilan motor seperti motor trail hanya terlihat sasis dan mesinnya saja tanpa di pasangi body motor dan kepala motornya, dan sekalian ingin meringkas kabel pengapiannya maka saya ingin sedikit berbagi ilmu untuk anda yang saat ini membutuhkan trik dan cara saya.

Baca Juga : Membuat Jalur Stater Elektrik Sepeda Motor

Baiklah sebelum di mulai sebaiknya siapkan cemilan dan kopi supaya kerjanya menjadi semangat dan cermat, langsung mulai saja lihat dan perhatikan motor anda tersebut kemudian lepas semua kabel body yang ada pada sasis atau rangkanya, potong kabel yang dari soket Kiprok dan soket CDI kira - kira sepuluh atau lima belas sentimeter panjang sisa kabel dari kedua soket tersebut, soalnya soketnya masih kita gunakan lagi terkecuali jika mau di ganti baru semua kedua soket tersebut.


Untuk pemasangan terserah anda enaknya dari mana dulu mau itu dari kunci kontak, lampu depan, atau dari yang lainnya, intinya jangan tergesa - gesa dan jangan sampai salah kalau salah pasang nanti CDI bisa - bisa jadi korban, dan satu lagi pesan saya setiap sambungan kabel sebaiknya dililit yang kuat supaya tidak lepas atau kendor yang nantinya malah membuat motor jadi mogok akibat terlepasnya salah satu sambungan kabel tersebut, dan jangan lupa bungkus setiap sambungan menggunakan isolasi supaya tidak saling bersentuhan atau supaya tidak konsleting arus listriknya, rapihkan menggunakan kabel ties supaya kabel tidak berserakan atau bergelantungan di mana - mana.

Perhatikan masing - masing warna  dan fungsi kabel dari skema tersebut untuk warna kabel Kuning itu adalah kabel untuk lampu utama tau lampu depan dan ujung satunya menuju ke Spull lampu, warna kabel Hijau adalah kabel Massa (-) atau kabel arus Negatif, kaitkan jadi satu pada kabel yang berwarna Hijau kemudian kaitkan ke rangka motor atau ke mesin motor, warna kabel Merah yaitu kabel arus Positif 12 volt yang keluar dari kiprok menuju ke AKI kemudian ke Kunci kontak setelah keluar dari Kunci kontak saya ganti menggunakan kabel warna Hitam strip merah kemudian menuju ke CDI, kabel warna Hitam strip kuning yaitu kabel output dari CDI kemudian menuju ke input KOIL, kabel warna Biru strip kuning yaitu kabel menuju ke Pulser, letak Pulser sama dengan Spull ada di bak magnet, dan yang terakhir kabel warna Putih, kabel tersebut adalah kabel yang menuju ke Spull pengisian.

Setelah semua terpasang dengan baik dan benar sebaiknya jangan langsung di test alangkah baiknya berdo'a dulu semoga tidak terjadi apa - apa, jika sudah berdo'a silahkan di test apakah mesin motor bisa hidup atau tidak, itu lah cara saya dalam mengatasi cara meringkas kabel body untuk pengapian sepeda motor dan jika anda mempunyai cara sendiri silahkan pakai cara anda sendiri dan apabila cara anda gagal silahkan pakai cara saya dan semoga artikel ini dapat membantu para pembaca disini baik yang sedang iseng membuka ataupun yang memang sedang serius untuk mencari tau cara meringkas kabel pengapian motor.

45 komentar untuk "Meringkas Kabel Motor Blade dan Absolute Revo"

  1. Saya mau tanya bang..gimana solusi nya motor yamaha rx king sering habis oli mesin nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tidak ada oli yg bocor dari bak mesin,,,berarti oli habis akibat ikut terbakar di ruang bakar...solusinya ganti ring seher atau di korter gan...

      Hapus
    2. Gan kenapa revo 110 pakai aki hidup tapi gak pakai gak bisa hidup.

      Hapus
  2. Motor revo fit saya akinya mati tidak bisa dicas langsung, kemudian saya tambahkan bantuan elco yg 10000uf/50volt mesin dalam keadaan lambat lampu leting nyala tapi saat lari 40sampai60 kilo perjam letingnya tidak bisa nyala, apa penyebabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aki soak ya di ganti gan...elco hanya untuk menyimpan arus sementara,,,intinya kiprok normal gan dan jika mesin di hidupkan kita tester kabel merah baik dari sekring maupun dari kabel positif aki ketika aki di lepas lampu tester menyala, berarti pengisian masih normal

      Hapus
  3. Saya mau tanya bang pengapian udah di buat ringkas kayak petunjuk di atas motor hidup aki gak ngecas kayak pake pengapian totalos apa kira² masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. periksa kbel"nya lagi gan, siapa tau kabelnya kurang kencang sambungannya...atau soket kiproknya kotor, bisa juga kiproknya sdh mati .

      Hapus
  4. Maaf gan. Mau tanya, kabel hitam garis kuning jika normal memercikkan api apa tidak. Tolong di jawab. Makasih

    BalasHapus
  5. Motor revo gua kabel putih yg dr spullnya cuma ngluarin 10volt ac bos... Harusnya berapa volt? Dan apa yg harus saya cek jika ada kerusakan? Tks

    BalasHapus
  6. Terimakasih bos atas artikelnya.semoga jadi amal baikmu

    BalasHapus
  7. Gan jika di kontak hidup lampu netral tapi tidak ada pengapian gmna yah gan terimakasih

    BalasHapus
  8. Bang saya mau pasang cdi brt dual band di motor revo tapi bingung jalurnya

    BalasHapus
  9. Say punya dual band buat karisma mau di pasang di blade gmna ya gan?????
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasangnya sama aja gan yg penting sesuai urutan kabelnya

      Hapus
  10. Tlg minta pin CDI kawaskki zone mas

    BalasHapus
  11. Maaf saya mau tanya gan, klo kiprok supra bisa di pasang di Revo absolut gak, trs ada yg dirubah gak arus / posisi soket kabelnya.mohon bantuannya gan, mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan,,, tentunya harus merubah posisi soket pin kabelnya,,,

      Hapus
  12. misi gan motor saya Revo 110 2009, Kl kiprok dan aki ganti baru tapi cdi pake yg imitasian apakah masih bisa normal? Atau kl cdi mati apakah. Masih bisa jalan normal seperti biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. normal aja gan,,, yg penting imitasi tapi masih bagus,,, jngan stengah mati,,, dan kalau cdi mati motor pun tidak bisa hidup,

      Hapus
  13. Numpang tnya bang revo FI sya lampu belakangnya klo di kontak lampu normal klo mesih hidup lampunya senja belakangnya kedip2 solusinya bang?

    BalasHapus
  14. gan numpang tanya revo old saya sering mati 3-4bln sekali ganti, kadang cob ikut leleh, apanya ya gan yg harus ganti? kiprook kah atau apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini masalah lampu ya,,,coba perhatikan watt pada bohlam nya,,,jangan pakai yg 35 wattt pakailah yang 25 watt,,, jika lampu motor siang malam tidak pernah mati atau tidak pernah dimatiin,,,lebih baik jika siang pakai yg jarak jauh dan malam pakai yg jarak pendek,,,supaya sama awetnya tidak cepat putus salah satunya

      Hapus
  15. bang maunanya biar lampu nya ikut aki gimana ,soalnya klo pas stasioner lampu ikut redup"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil jalur aki atau kontak langsung ke kabel kuning ya masuk saklar lampu. Tapi kabel kuning nya di lepas dari soket nya

      Hapus
    2. dibikin fullwave dulu gan sistem kelistrikannya pkai kiprok tiger supaya aki tidak gmpang tekor ketika lampu diubah kejalur aki......

      Hapus
  16. Gan.. Klo motor honda revo 2010 cdi nya di ganti pake yg 5 kaki (cdi grand/supra). Gmn cara ngerubah/ngikutin jalur nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa gan soalnya spull revo absolute tdak ada jalur pengapian ke cdi,,,,karena absolute revo pengapian sistem dc dan supra atau gran pengapian sistem ac,,,,kalaupun mau di pakek cdi grand harus banyak perubahan dari spullnya,,,,

      Hapus
  17. Assalamualaikum, Bang motor saya Revox injeksi gak bisa starter tangan. Aki bagus,soket ,bandit,dinamo starter, bagus tapi kalau di starter lampu kuning ga hidup dan suara kletek ga ada sama sekali.minta solusinya!!

    BalasHapus
  18. Mas mau tanya, kalu mau pasang stater skemanya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari di artikel ku yg lain ada kok skemanya

      Hapus
  19. Revo sy 2009 tdk bisa distater musti diengkol. Api dr busi bagus. Apa cdi mati? Mohon pencerahannya Om... Tks.sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika di engkol motor mau hidup berarti cdi gak bermasalah gan, coba urut jalur staternya mulai dari tombol stater kabel, bendik, dan dinamonya

      Hapus
  20. gan mau tanya, kalau motor revo fit 2011, kelistrikanya kadang ada kadang tidak ada, posisi sudah ganti spul dan coil , kira² yang rusak apanya yah?

    BalasHapus
  21. Mau tanya boss ni motor Blade 125.. kabel putih masuk ke pulser da arus trus kabel merah ke CDI da arus.. tanpa menggunakan tanpa menggunakan stater kaki... Menggunakan arus aki motor

    BalasHapus
  22. Motor revo absolute saya cek pengapian dari spul ada, terus saya cek cabel pengapian kiprok ada,tapi yg saya cek hanya cabel putih saja, cabel di sekitaraan putih eggk saya cek.
    Apakah cabel di sekitar putih juga mengeluarkan api gan?

    BalasHapus
  23. Best eCOGRA Sportsbook Review & Welcome Bonus 2021 - CA
    Looking for an eCOGRA casinosites.one Sportsbook Bonus? At this eCOGRA septcasino Sportsbook review, we're 출장마사지 talking about a variety wooricasinos.info of ECCOGRA sportsbook promotions. https://deccasino.com/review/merit-casino/

    BalasHapus
  24. motor saya revo absoluds,permasalahannya,kabel dari kuil ga ada api

    BalasHapus
  25. Mau tanya motor saya blade lama baru ganti aki baru 2 bulan d passng star,sein,klakson mati, kecuali lampy dpan blkang yg hidup, bendik baru beli masih mati, tapi aki masih nyala, sikring gak ada yg ptus, penyebabnya apa

    BalasHapus