Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meringkas Kabel Motor

Meringkas atau sama halnya dengan membuat simpel kabel instalasi motor sangat lah mudah bagi orang yang sudah ahli di dunia kabel bodi sepeda motor.
Namun untuk orang yang belum berpengalaman tentunya akan kesulitan dalam melakukannya yaitu untuk membuat kabel bodi motor jadi simpel karna kita akan meringkasnya dengan mengambil yang penting saja.

Biasanya motor yang di ringkas kabelnya adalah motor - motor yang sudah tua dan di gunakan untuk pergi ke ladang ataupun ke sawah, dan untuk membuat sepeda motor jadi lebih kelihatan simpel dan tidak berantakan kabelnya karena bodi motor tinggal sedikit, maka salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan meringkas kabel motor tersebut.

Biasanya kabel yang sering digunakan adalah untuk komponen seperti CDI, KIPROK, KOIL, KUNCI KONTAK, DAN LAMPU DEPAN. ada juga yang tidak menggunakan lampu depan jadi kabel bodi terlihat lebih simpel karna hanya beberapa helai saja.

Baiklah kali ini saya akan memberikan trik meringkas kabel bodi motor, tapi tentunya kita juga harus mengerti arti warna kabel tersebut supaya tidak salah dalam melakukan pemasangan instalasinya.

Baca Juga : Warna Kabel Semua Motor

Untuk pengerjaan yang lebih mudah sebaiknya gunakan kabel yang baru supaya kita tidak harus mengambil bekas kabel dari motor tersebut, kita siapkan dulu bahan dan alatnya,

  1. Kabel kurang lebih empat meter
  2. Gunting
  3. Isolasi
  4. Tang
  5. Tali tis untuk mengaitkan kabel dengan sasis motor
  6. Saklar

Cara pengerjaanya

1. Lepas dulu semua kabel pada sasis motor tersebut.
2. Potong kabel yang ada di soket CDI dan KIPROK tapi jangan terlalu pendek karena nantinya soket kabel itu masih kita gunakan lagi.


Dari instalasi di atas adalah rangkaian yang sudah saya ringkas, berlaku untuk motor GRAND, LEGENDA, SUPRA, SUPRA FIT dan motor yang memiliki CDI sama persis dengan motor tersebut.

Baca Juga : Membuat Jalur Stater Elektrik Sepeda Motor

  • Kabel yang berwarna hijau kaitkan pada sasis motor atau mesin motor.
  • Kabel yang berwarna hitam strip merah itu adalah kabel api dari spull motor.
  • Kabel yang berwarna biru strip kuning itu dari pulser, letak pulser juga sama dengan spull ada di dalam bak magnet motor.
  • Kabel hitam strip putih adalah kabel untuk kunci kontak, tanpa kunci kontak juga bisa sebenarnya ketika mesin dalam keadaan hidup pada saat kita akan mematikan mesin cukup menempelkan kabel hitam strip putih tersebut pada sasis motor/Massa (-), tetapi apabila saat menghidupkan mesin motor jangan menempelkan atau menyambung kabel tersebut ke sasis/massa (-) karena mesin motor tidak akan bisa hidup, jadi fungsi kabel hitam strip putih tersebut adalah untuk memutus dan menyambung arus listrik yang ada pada CDI motor.
  • Kabel yang berwarna kuning adalah kabel dari spull motor, dimana kebel kuning dari spull adalah berfungsi untuk mengaliri arus listrik ke lampu motor, untuk pemasangannya juga harus seperti skema gambar di atas, harus tersambung juga melalui kiprok motor, apabila tidak tersambung ke kiprok maka lampu akan mudah putus.

37 komentar untuk "Meringkas Kabel Motor"

  1. Pusat Cover Motor dan Mobil Berkualitas - Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali main kesini lagi

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekali nih gan artikelnya. Thanks gan.

    BalasHapus
  3. Bisa minta WA nya ga masbro? Mau nanya" nih saya soalnya rencana mau ngelepasin aki supra + rapiin kabel.. biar motornya keliatan ramping seksi gituu hehe mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang mtor gran saya mau di pasang aki ps di pasang kn ngmbungin kbl merah strip putih dri kiprok SMA kbl lmpu dri kiprok biar lmpu depan nyala normal ps di pasang aliran plus nya kn sya tempelkan ke msa trus tba" mti motornya kalo di pksa nyalh trs motornya bsa" cdi nya hngus bang itu apanya yaa?

      Hapus
  4. kabel putih dr saklar honda s90..itu mnuju kmna ya gan..trims infonya

    BalasHapus
  5. kalo motor megapro gimana skemanya bro. cm butuh lampu depan dan electrik stater

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nanya om klau mau bikin ringkas kabel jupiter mx 135 5 speed om bagaimana carax om

      Hapus
  6. Sederhana tapi sungguh bermanfaat, skemanya bisa dipraktekan di tiger lama gak mas?
    Mau buat ke sawah nih motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cdinya beda mas...jalurnya ikutin cdi tigernya saja....

      Hapus
  7. kalo buat super cup yg jalur coil ikut kabel apa.bos trus cdi ne ikut yg mna bos

    BalasHapus
  8. gan, klo mau elektric stater nya jalan, ditambah kabel kmana lagi?

    BalasHapus
  9. Klw buat mtor rx king skemanya sperti apa om.
    Praktis cma pakai lmpu dpan blakang,sein kiri kanan, konci kontak.
    Tapi tanpa aki.
    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja gan...tinggal ikutin jalur kiprok dan cdi cdi r rx tersebut...untuk mengetahui pin kiprok yamaha dan cdi cda di artikel saya sebelumnya gan

      Hapus
  10. Mat siang om
    Mohon ilmu'a
    Utk motor kwasaki Blitz R, apakah sama dgn artikel tsbt ?
    Jika beda mohon plajaran'a om

    BalasHapus
  11. Mat siang om
    Mohon ilmu'a
    Utk motor kwasaki Blitz R, apakah sama dgn artikel tsbt ?
    Jika beda mohon plajaran'a om

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja gan hanya cuma menyesuaikan jalur kiprok dan cdinya...karena setiap pabrikan motor berbeda gan untuk jenis pin pin yg ada pada kiprok dan cdinya

      Hapus
  12. Mas, motorku nda bisa dinyalakan pakai stater, pas aku pencet staternya nda ada suara apa2, kosong saja, trus bendiknya aku satukan pakai obeng juga nda ada percikan juga nda nyala motornya, bagaimana itu yamas ?

    Trus minta infokan cara menyambung kabel lampu ke saklar on off dan jauh dekatnya, kemana saja jalurnya, soalnya di saklar saya sudah nda ada soketnya mas, mau tak solder tapi blum tau jalurnya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini untuk motor apa bosku,,, soalnya warna kabel pada pabrikan motor berbeda, dan untuk permasalahan stater bisa jadi arang atau kol stater sudah habis gan, coba buka dinamo staternya

      Hapus
  13. kalau jalur ke aki gimana mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal tambahkan kabel dari akinya gan,,,yg negatif sambungkan ke mesin motor sedangkan yg positif aki sambungkan pada kabel merah yg ada di skema tersebut,,,tapi tambahkan sekring gan buat jaga jga supaya lebih aman

      Hapus
  14. bos saya ikutin cara di atas ko ga jadi bos malah api nya ga ada mohon solusinya motor saya honda supra fit lawas2

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg gak ada apinya tu dari mananya bos,,,coba cari dulu apinya mulai dari kabel spull yg berwarna hitam-merah,,,kemudian lanjut ke lainnya...pastikan kabel pulser tersambung dan pulser dalam keadaan baik,,,

      Hapus
  15. Artikel yg lagi di cari . Semoga bermanfaat gan edisi mau ringkes kabel

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan,,, gimana sudah di praktekkan belum

      Hapus
  16. Kalo lampu sein mati total penyebabnya apa ya ? Padahal aki bagus , lampu utama , klakson nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor apagan,,, bisa dari kabel putus bisa dari flaser sein rusak dan saklar sein rusak,,,

      Hapus
  17. Kalo pakai cdi rc100 cuma ada 3 saluran : dari spul, ke coil, dan massa, terus kabel kontak disambungin kmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. putus saja jalur massa cdi nya gan, untuk kunci kontaknya

      Hapus