Meringkas Kabel Motor Karisma dan Supra X 125
Sepeda motor semakin bertambahnya tahun maka semakin banyak dan motor - motor lama juga pastinya tidak akan dirawat karena para pemiliknya juga sudah mempunyai yang baru jadinya dengan terpaksa motor yang lama pun akan dibiarkan tanpa adanya servis rutin bulanan.
Dengan begitu maka semakin banyak pula motor - motor tua yang akan menjadi bangkai padahal masih layak untuk digunakan, tetapi saya rasa tidak untuk di indonesia karena orang indonesia tergolong orang - orang yang pintar dalam melakukan modifikasi makanya barang lama pun bisa di sulap menjadi barang antik yang nantinya masih bisa digunakan untuk kebutuhan sehari - hari.
Saya mau sedikit mengulas mengenai meringkas jalur pengapian pada sepeda motor karisma dan supra x 125 karena kedua jenis motor tersebut mempunyai jalur pengapian yang sama, seperti yang kita ketahui motor karisma dan supra x 125 adalah motor yang sudah lumayan tua jika kita hitung umurnya juga sudah belasan tahun mungkin semakin kedepan juga bakalan puluhan tahun, dengan semakin tuanya motor tersebut juga pasti akan membuat penampilan motor itu bakalan berkurang baik dari segi fisik yang ketinggalan jaman maupun dari segi performa juga bakalan menurun, untuk itu bagi anda yang masih mempunyai salah satu dari motor tersebut tetapi masih ingin menggunakan untuk harian dan ingin membuang kabel - kabel yang sudah tidak terpakai mari kita bahas untuk mengatasinya.
BACA JUGA : Meringkas Kabel Motor Mio, Vega R dan Jupiter Z
Sebagai keterangannya dari jalur kabel tersebut saya akan menjelaskannya, untuk kabel warna Kuning itu adalah kabel untuk lampu penerangan depan, kabel warna Hijau itu adalah kabel Massa (-) atau arus Negatif sambungkan semua kabel warna Hijau tersebut menjadi satu dengan yang warna Hijau lainnya kemudian kaitkan pada sasis atau mesin motor, kabel warna Hitam strip kuning itu adalah kabel dari CDI yang kemudian menuju ke KOIL, kabel warna Merah itu kabel arus Positif (+) dari Kiprok kemudian menuju ke AKI jangan lupa tambahkan sekring dan untuk pemasangannya harus sesuai skema dan jalur kabel pemasangan kunci kontaknya, kabel warna Biru strip kuning yaitu kabel Pulser yang ada pada bak magnet kemudian menuju ke CDI motor, kabel warna Putih adalah kabel dari Spull pengisian.
Dari keterangan skema tersebut saya hanya membuat jalur pengapian pada motor tersebut dengan sedikit tambahan untuk lampu depan saja, berarti untuk jalur kabel yang saya buang juga banyak seperti kabel untuk panel Speedo meter, kabel Lampu sein, kabel Lampu rem, kabel jalur untuk Stater elektriknya, dan juga kabel pada Klakson dan kabel Saklar - saklar yang ada pada batok belakang kepala sepeda motor.
Baca Juga : Membuat Jalur Stater Elektrik Sepeda Motor
Silahkan anda mempraktekkannya sesuai skema yang sudah saya buat untuk mempermudah dalam pengerjaanya lepas semua dulu kabel - kabel yang ada pada rangka motor tersebut kemudian mulai rakit jalur pengapiannya mulai dari awal supaya tidak acak - acakan dalam proses perakitannya soalnya ini berhubungan dengan arus listrik, jika salah dalam pemasangannya bisa - bisa konslet dan kebakar baik itu Kiprok maupun CDI nya, makanya harus teliti terlebih - lebih masih terlalu awam dalam kelistrikan motor, jika ragu lebih baik bawa ke bengkel kepercayaan anda saja sambil di lihatin dan sambil belajar untuk memahaminnya.
Kalau tampa aki aman tidak ya
BalasHapusaman aman saja pak
HapusSaya pakai aki, klakson tidak mau hidup. Lepas aki baru klakson hidup. Masalahnya di mana ya?
BalasHapusjalur klaksonya ambil dari jalur kabel warna merah stelah kluar dari kontak om
HapusLampu belakang saya gak nyala .tapi kalo di rem baru nyala ..maslahnya apa ya
BalasHapuslampu stop itukan filamennya ada 2, yang satu untuk lampu seri sedangkan satunya untuk lampu rem gan.,,, jika direm menyala berarti filamen lampu rem masih bagus dan untuk lampu belakang yg gak menyala berarti itu filamen lampu seri sudah putus gan
HapusKalau jalur pengapian nya tanpa baterai gimana om
BalasHapustinggal di buang aja jalur batrai sama batrainya gan
HapusBerarti kelistrikan lampu utama karisma masih arus AC yaa gan kalau di lihat dari skema kelistrikannya,tapi sepengalaman sy kalau aki motornya mati terus nyak di ganti akan berakibat CDI lama" bermasalah dan akhirnya CDI ikut mati juga,TRIms yaa
BalasHapusiya masih arus ac, pengapian dc sebaiknya pakai aki gan
BalasHapusBang kalau kunci kontak dalam kondisi mati,tetapi mesin masih hidup. Itu masalah nya apa ya?
BalasHapusmotor apa bang
HapusKalau motor karisma saya lampu kontaknya terus nyala om meskipun kunci kontak dimatikan lampu kontak terus nyala om, solusinya om?
BalasHapusmesin mati gak
Hapusmotor karisma sy dah lama gak pakai aki , saat sy belikan aki ternyata semua klakson, sein dan stater gak nyala , apanya ya mas
BalasHapusbisa jadi sekring om
HapusMas kalau lampu depan dipasang relay trus kabel yang dari kiprok ke lampu depan gimana mas?
BalasHapusBang mau nanya nih kabel body supra x 125 sama karisma bode ga
BalasHapusbeda om ..
HapusBg, itu lampu dilangsungkan aman ya om?.
BalasHapusSoalnya saya liat kan ada relay nya,klakson juga boleh kah dilangsungkan?
aman kalau lampu,,, kalau klakson ambil jalur dari keluaran kunci kontak yg menuju k cdi
HapusBang motor saya kharisma kalo lampu nya nyala mesin motor saya mati, kenapa bearti bang
BalasHapuskonslet bang...biasanya spul bermasalah, patikan dulu aki nrmal karena karisma sistim pngapian dc, apabila aki drop atau ga ada, jika lampu dinyalakann motor akan mati, sebab jalur lampu depan ikut dari spull pengisian
HapusBang motor sya kharisma , kenapa ya kalo jalan mesin nya udah panas ko tiba tiba kaya habis bengsin gitu ya , kira kira apa nya yg bermasalah ya ,
BalasHapusSoala nya setingan karbu udah beer