Jalur Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki
Mengenal tentang Regulator/kiprok pada sepeda motor, pada umumnya arus listrik yang dihasilkan dari spull sepeda motor adalah arus AC(Arus bolak-balik) maka dari itu pada setiap sepeda motor selalu dibekali dengan komponen yang bernama Regulator/kiprok.
Kiprok fungsinya sebagai penyearah arus listrik yang di hasilkan oleh spull motor menjadi DC(Arus searah) pada saat kondisi mesin hidup maka spull akan mengeluarkan arus listrik AC kemudian akan masuk ke kiprok dan keluar dari kiprok arus listrik yang dihasilkan dari spull tersebut akan menjadi arus DC.
Setelah arus listrik berubah menjadi DC maka akan masuk ke Aki motor dan ini di namakan sistem pengisian atau pengecasan karena aki motor adalah ber arus DC, jika aki motor sudah terisi penuh maka kiprok akan otomatis menghentikan pengisian pasokan listrik ke aki motor tersebut sehingga tidak terjadi overcharge terhadap aki.
Jika kiprok rusak maka sistem pengisian terhadap aki juga akan terhenti dan aki juga akan mengalami kerusakan, selain itu fungsi kiprok adalah untuk membatasi arus listrik dan mensetabilkan arus listrik terhadap lampu motor yang sumber listriknya didapat dari spull, jika kiprok rusak tidak hanya aki saja yang akan rusak tetapi salah satu penerangan motor yaitu lampu akan cepat putus pada saat rpm tinggi.
Baca juga : Warna Kabel Semua Motor
Mari belajar bersama mengenal pin-pin yang ada pada soket kabel Regulator/kiprok sepeda motor.
-
YAMAHA
Pin 1 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning (ke lampu penerangan)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)
- YAMAHA FI
MIO M3
MIO J
MX KING
R15 OLD
JUPITER Z1 FI
- HONDA
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel kuning (ke lampu)
Pin 3 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 4 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
HONDA TIGER DAN MEGA PRO PRIMUS
Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (ke kunci kontak, cdi, speedometer, lampu-lampu, dan kelistrikan lainnya
Pin 3 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
Pin 4 Kabel kuning (ke spull)
Pin 5 Kabel kuning (ke spull)
BEAT FI
-
SUZUKI
Pin 1 Kabel hitam strip putih (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel Putih strip merah (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning strip putih (ke lampu)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)
Itulah penjelasan dari saya tentang arti dari pin kiprok sepeda motor jika ada yang mau menambahkan ataupun yang ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.
5 kabel kiprok di vixion nvl..2 merah 2 putih 1 hitam, nyari buat lampu biar kunci kontak on.. Lmpu utama lngsung nyala? πππ
BalasHapusganti kiprok yang sudah support untuk kelistrikan fullwave gan,,,,supaya aki tidak tekor
HapusMalam bro.. mo nanya nich cara ukur kiprok cbr150r gimana ya pakai avo manual
BalasHapusTrima kasih
keadaan hidup, probe hitam ke massa , merah ke positif aki, selektor avo ke 20 volt dc jika di gas angka volt meter naik berarti pengisian normal, bandingakan angka volt meternya pada saat mesin mati
Hapusbos ane punya vxion aki tekor mulu kalo ngetes kiprok rusak atau engga nya gmna ya dengan cara manual soal nya ga punya avo
BalasHapuspakai tespen 12 volt...bikin sendiri pakai lampu sein
HapusMau tanya pak.
BalasHapusKalo kiprok nmax di pasang di old Vixion, ada yang di rubah gak?
Makasih
Mau tanya pak.
BalasHapusKalo kiprok nmax di pasang di old Vixion, ada yang di rubah gak?
Makasih
liat gambarnya gan, ada nmax
Hapuspin kiprok gsx ada 6 ? kalau untuk dari spul ke lampu kabel warna apa ? soalnya mau rubah ke dc ππ
BalasHapusMaaf Pa mau tanya,kalau kiprok vixon old di pasang di cb150r old ada masalah ga? Soalnya di lihat dari jalurnya sama ,yg saya khawatirkan tegangan ac dari spul ga sama,trimkasihπ
BalasHapus