Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki

Mengenal tentang Regulator/kiprok pada sepeda motor, pada umumnya arus listrik yang dihasilkan dari spull sepeda motor adalah arus AC(Arus bolak-balik) maka dari itu pada setiap sepeda motor selalu dibekali dengan komponen yang bernama Regulator/kiprok.

Kiprok fungsinya sebagai penyearah arus listrik yang di hasilkan oleh spull motor menjadi DC(Arus searah) pada saat kondisi mesin hidup maka spull akan mengeluarkan arus listrik AC kemudian akan masuk ke kiprok dan keluar dari kiprok arus listrik yang dihasilkan dari spull tersebut akan menjadi arus DC.

Setelah arus listrik berubah menjadi DC maka akan masuk ke Aki motor dan ini di namakan sistem pengisian atau pengecasan karena aki motor adalah ber arus DC, jika aki motor sudah terisi penuh maka kiprok akan otomatis menghentikan pengisian pasokan listrik ke aki motor tersebut sehingga tidak terjadi overcharge terhadap aki.

Jika kiprok rusak maka sistem pengisian terhadap aki juga akan terhenti dan aki juga akan mengalami kerusakan, selain itu fungsi kiprok adalah untuk membatasi arus listrik dan mensetabilkan arus listrik terhadap lampu motor yang sumber listriknya didapat dari spull, jika kiprok rusak tidak hanya aki saja yang akan rusak tetapi salah satu penerangan motor yaitu lampu akan cepat putus pada saat rpm tinggi. 

Baca juga : Warna Kabel Semua Motor

Mari belajar bersama mengenal pin-pin yang ada pada soket kabel Regulator/kiprok sepeda motor.

  • YAMAHA

 

Pin 1 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning (ke lampu penerangan)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)

  • YAMAHA FI
VIXION NVA
 
 
 
Pin 1 ke Aki +
Pin 2 Massa
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Spull
 
VIXION NVL
 
 
 
Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Lampu depan
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Massa

MIO M3

 

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Massa
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Spull

MIO J

 

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Lampu depan
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Massa

MX KING

 

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Massa
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Spull

R15 OLD

 

Pin 1 ke Spull
Pin 2 ke Massa
Pin 3 ke Aki +
Pin 4 ke Spull

JUPITER Z1 FI

 

 
Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Lampu depan
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Massa
 
VIXION OLD


Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 3 Kabel putih (ke spull)
Pin 4 Kabel putih (ke spull)
Pin 5 Kabel putih (ke spull)

NMAX

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Kosong
Pin 3 ke Massa
Pin 4 ke Spull
Pin 5 ke Spull
  • HONDA

 

Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel kuning (ke lampu)
Pin 3 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 4 Kabel hijau (massa dan negatif aki)

HONDA TIGER DAN MEGA PRO PRIMUS


Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (ke kunci kontak, cdi, speedometer, lampu-lampu, dan kelistrikan lainnya
Pin 3 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
Pin 4 Kabel kuning (ke spull)
Pin 5 Kabel kuning (ke spull)

 BEAT FI


Pin 1 Kabel merah strip hitam jalur ke kunci kontak
Pin 2 Kabel merah strip putih jalur ke aki
Pin 3 Kabel putih jalur dari spull pengisian
Pin 4 Kabel hijau Massa
Pin 5 Kabel kuning jalur dari spull penerangan dan dicabang menuju ke saklar dim (jauh dekat)
  • SUZUKI

 

Pin 1 Kabel hitam strip putih (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel Putih strip merah (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning strip putih (ke lampu)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +) 

Itulah penjelasan dari saya tentang arti dari pin kiprok sepeda motor jika ada yang mau menambahkan ataupun yang ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

11 komentar untuk "Jalur Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki"

  1. 5 kabel kiprok di vixion nvl..2 merah 2 putih 1 hitam, nyari buat lampu biar kunci kontak on.. Lmpu utama lngsung nyala? πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti kiprok yang sudah support untuk kelistrikan fullwave gan,,,,supaya aki tidak tekor

      Hapus
  2. Malam bro.. mo nanya nich cara ukur kiprok cbr150r gimana ya pakai avo manual
    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. keadaan hidup, probe hitam ke massa , merah ke positif aki, selektor avo ke 20 volt dc jika di gas angka volt meter naik berarti pengisian normal, bandingakan angka volt meternya pada saat mesin mati

      Hapus
  3. bos ane punya vxion aki tekor mulu kalo ngetes kiprok rusak atau engga nya gmna ya dengan cara manual soal nya ga punya avo

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai tespen 12 volt...bikin sendiri pakai lampu sein

      Hapus
  4. Mau tanya pak.
    Kalo kiprok nmax di pasang di old Vixion, ada yang di rubah gak?
    Makasih

    BalasHapus
  5. Mau tanya pak.
    Kalo kiprok nmax di pasang di old Vixion, ada yang di rubah gak?
    Makasih

    BalasHapus
  6. pin kiprok gsx ada 6 ? kalau untuk dari spul ke lampu kabel warna apa ? soalnya mau rubah ke dc πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  7. Maaf Pa mau tanya,kalau kiprok vixon old di pasang di cb150r old ada masalah ga? Soalnya di lihat dari jalurnya sama ,yg saya khawatirkan tegangan ac dari spul ga sama,trimkasihπŸ™

    BalasHapus