Ciri - Ciri pengapian motor Lemah / Bahkan mati total
Pernahkah motor kalian mendadak mati saat melaju alias mogok atau tiba-tiba mati saat mesin panas,
itu berarti proses pengapian di ruang bakar mesin tidak berjalan sempurna atau bahkan hilang, bicara soal pengapian bukan hanya pada busi saja tetapi juga komponen kelistrikan lainya juga, sistem pengapian sendiri bertugas menyediakan percikan bunga api untuk membakar bensin yang telah terkompresi.
Syaratnya waktu pengapian harus tepat dan power api harus kuat. kali ini kita kupas khusus pengapian CDI, baik sumber arusnya searah (DC / Aki) maupun bolak-balik (AC / Spull).
Komponen pengapian mulai dari spul atau aki, CDI, Koil, pulser dan busi bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai Multitester, Spark plug tester atau Ignition tester.
Kita bahas satu persatu sistem pengapian tersebut.
SPULL PENGAPIAN
Spull alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). spull putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum sehingga bila komponen ini bermasalah maka mesin akan mati total, pertanda spull terbakar secara fisik nampak gosong, berbeda pada CDI DC yang sumber tegangannya dari aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan asal sistem pengisian masih jalan sebab suplay listrik digantikan oleh spull yang arusnya terlebih dahulu diubah menjadi arus searah oleh kiprok, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangat berbahaya terhadap CDI lambat laun jika dipaksakan tanpa adanya aki maka CDI lama kelamaan akan mati, soalnya arus yang keluar dari kiprok tidak murni arus searah bila dideteksi dengan Osciloscope ( alat ukur tegangan listrik dalam bentuk grafik ) masih terlihat adanya gelombang tegangan AC, cek juga pada baut spull yang mengaitkan spull ke bak magnet dan pastikan spull terpasang dengan kuat dan benar.
Baca juga : Tenaga Motor Berkurang atau Ngempos
PULSER
Pulser berfungsi mengirim sinyal ke CDI yang kemudian akan diteruskan ke koil dan busi, kerusakan pada pulser hampir sama dengan CDI bila belum parah mesin masih bisa hidup tetapi nyala mesin tersendat - sendat, bahkan terkadang mesin mati sendiri ketika menempuh jarak 1 sampai 2 kilo meter, kemudian bisa hidup kembali tapi sangat susah untuk menghidupkanya lagi, bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan sama sekali sehingga listrik yang seharusnya dikirim ke SCR ( Silicon Controlled Rectifier ) dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok, atau bisa juga baut pulser kendor sehingga pulser akan bergoyang saat mesin hidup hal ini akan menyebabkan putus nyambungnya sinyal pengapian ke CDI, pulser juga bisa tidak memberikan signal ke CDI karena ujung pulser tertutup gemuk akibat oli yang sudah membeku di dalam bak magnet sehingga akan menutupi ujung pulser yang nantinya akan menghalangi signal pengapian terhadap CDI, mungkin untuk magnet motor yang terendam oli jarang terjadi hal demikian, tetapi untuk motor yang pulsernya tidak terendam oli seperti motor supra dan motor cina bisa saja terjadi di karenakan ada kebocoran oli dari seal magnet sehingga pulser akan tertutup oli dan banyaknya debu - debu yang masuk ke dalam bak magnet sehingga debu tersebut akan lengket ke pulser karena pulser tersebut basah karena bekas terendam oli, sehingga signal pulser ke CDI akan terganggu dan membuat pengapian dari CDI ke KOIL terkadang akan hilang meskipun pengapian dari Spull masih normal.
CDI ada dua ciri khas bila capacitor discharge ignition (CDI) wajib ganti percikan api pada busi hilang sama sekali dan brebet diputaran tinggi. bila kasus pertama menimpa kalian, mesin motor tidak bisa dinyalakan, ada perangkat elektronik dalam CDI yang mati/putus, bila diukur dengan Multitester/Avometer tegangan kabel yang menuju koil hilang sama sekali.
Cara pengetesan :
KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spull menjadi ribuan kilo volt, komponen dalamnya berisi kumparan primer dan sekunder. menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak, standar tahanan kumparan primer (Konektor dengan kabel warna hitam/kuning) 0,4 – 0,6 ohm pada suhu 20 C dan tahanan kumparan sekunder adalah 14,5 – 22,5 ohm pada suhu 20 C.
Lalu apa ciri khas koil sudah wajib ganti. pertanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang dan mesin mendadak mati, bila koil bermasalah jarang sekali apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih melentikan bunga api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yang bagus berwarna putih kebiru-biruan, tidak heran kalau mesin susah hidup. lalu bagaimana cara mengecek untuk memastikan komponen ini masih baik atau tidak, harus menggunakan multitester dengan standar tahanan yang sudah disebutkan diatas namun jika tidak memiliki alat tersebut pengecekan bisa dilakukan sama seperti pengecekan busi, yaitu tempelkan kabel koil ke badan mesin lantas starter mesin bila terdapat percikan api jangan buru-buru menyimpulkan koil masih bagus, masih harus dicek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil telah loyo dan sudah tidak berfungsi maksimal.
BUSI
Umumnya sepeda motor yang businya telah aus atau bermasalah akan mati mendadak saat putaran mesin rendah atau saat melaju dalam kecepatan rendah. Saat dinyalakan mesin lama sekali hidup atau bisa hidup dan kemudian mati lagi dan begitu berulang-ulang, gejala lain juga kerap ditemui adalah saat laju kendaraan konstan mesin tetap stabil, namun pada saat tuas gas ditarik untuk meningkatkan kecepatan, tiba-tiba mesin brebet atau berpotensi mati. bahkan pada kasus-kasus tertentu timbul suara ledakan dari knalpot bila menemui gejala seperti itu, sebaiknya anda mengecek kondisi busi. caranya lepas busi dari dudukan dan biarkan kabel busi masih tersambung di ujung busi. setelah itu tempelkan kepala busi di badan mesin dan starter mesin.
Amati dengan seksama, adakah percikan api yang berasal dari kepala busi saat mesin dihidupkan, bila tidak ada berarti isolator dalam busi sudah putus dengan catatan CDI, Koil dan komponen kelistrikan lain dalam kondisi normal, sehingga busi wajib untuk diganti.
itu berarti proses pengapian di ruang bakar mesin tidak berjalan sempurna atau bahkan hilang, bicara soal pengapian bukan hanya pada busi saja tetapi juga komponen kelistrikan lainya juga, sistem pengapian sendiri bertugas menyediakan percikan bunga api untuk membakar bensin yang telah terkompresi.
Syaratnya waktu pengapian harus tepat dan power api harus kuat. kali ini kita kupas khusus pengapian CDI, baik sumber arusnya searah (DC / Aki) maupun bolak-balik (AC / Spull).
Komponen pengapian mulai dari spul atau aki, CDI, Koil, pulser dan busi bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai Multitester, Spark plug tester atau Ignition tester.
Kita bahas satu persatu sistem pengapian tersebut.
SPULL PENGAPIAN
Spull alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). spull putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum sehingga bila komponen ini bermasalah maka mesin akan mati total, pertanda spull terbakar secara fisik nampak gosong, berbeda pada CDI DC yang sumber tegangannya dari aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan asal sistem pengisian masih jalan sebab suplay listrik digantikan oleh spull yang arusnya terlebih dahulu diubah menjadi arus searah oleh kiprok, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangat berbahaya terhadap CDI lambat laun jika dipaksakan tanpa adanya aki maka CDI lama kelamaan akan mati, soalnya arus yang keluar dari kiprok tidak murni arus searah bila dideteksi dengan Osciloscope ( alat ukur tegangan listrik dalam bentuk grafik ) masih terlihat adanya gelombang tegangan AC, cek juga pada baut spull yang mengaitkan spull ke bak magnet dan pastikan spull terpasang dengan kuat dan benar.
Baca juga : Tenaga Motor Berkurang atau Ngempos
PULSER
Pulser berfungsi mengirim sinyal ke CDI yang kemudian akan diteruskan ke koil dan busi, kerusakan pada pulser hampir sama dengan CDI bila belum parah mesin masih bisa hidup tetapi nyala mesin tersendat - sendat, bahkan terkadang mesin mati sendiri ketika menempuh jarak 1 sampai 2 kilo meter, kemudian bisa hidup kembali tapi sangat susah untuk menghidupkanya lagi, bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan sama sekali sehingga listrik yang seharusnya dikirim ke SCR ( Silicon Controlled Rectifier ) dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok, atau bisa juga baut pulser kendor sehingga pulser akan bergoyang saat mesin hidup hal ini akan menyebabkan putus nyambungnya sinyal pengapian ke CDI, pulser juga bisa tidak memberikan signal ke CDI karena ujung pulser tertutup gemuk akibat oli yang sudah membeku di dalam bak magnet sehingga akan menutupi ujung pulser yang nantinya akan menghalangi signal pengapian terhadap CDI, mungkin untuk magnet motor yang terendam oli jarang terjadi hal demikian, tetapi untuk motor yang pulsernya tidak terendam oli seperti motor supra dan motor cina bisa saja terjadi di karenakan ada kebocoran oli dari seal magnet sehingga pulser akan tertutup oli dan banyaknya debu - debu yang masuk ke dalam bak magnet sehingga debu tersebut akan lengket ke pulser karena pulser tersebut basah karena bekas terendam oli, sehingga signal pulser ke CDI akan terganggu dan membuat pengapian dari CDI ke KOIL terkadang akan hilang meskipun pengapian dari Spull masih normal.
CDI ada dua ciri khas bila capacitor discharge ignition (CDI) wajib ganti percikan api pada busi hilang sama sekali dan brebet diputaran tinggi. bila kasus pertama menimpa kalian, mesin motor tidak bisa dinyalakan, ada perangkat elektronik dalam CDI yang mati/putus, bila diukur dengan Multitester/Avometer tegangan kabel yang menuju koil hilang sama sekali.
Cara pengetesan :
- Setel avometer pada sinus 200 Volt.
- Kabel merah avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil.
- Kabel hitam avometer dihubungkan ke massa/sasis.
- Nyalakan motor/starter motor dengan kick starter, lalu lihat di avometer apakah ada arus/setrum yang keluar atau tidak.
- Bila tidak ada maka CDI rusak, dengan catatan arus/setrum dari sepull dan pulser ada yang mengalir ke CDI. jadi sebelumnya cek dulu arus tersebut, caranya sama seperti di atas, hanya saja kabel merah avometer dihubungkan ke kabel spull yang menuju ke CDI. Kalau nggak ada avometer, coba saja kabel dari CDI yang menuju koil di sambungkan ke body besi motor, terus starter kalau ada percikan api berarti CDI masih bisa dipakai, kalau tidak ada percikan api berarti CDI rusak, dengan catatan arus/setrum dari sepull dan pulser ada yang mengalir ke CDI.
KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spull menjadi ribuan kilo volt, komponen dalamnya berisi kumparan primer dan sekunder. menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak, standar tahanan kumparan primer (Konektor dengan kabel warna hitam/kuning) 0,4 – 0,6 ohm pada suhu 20 C dan tahanan kumparan sekunder adalah 14,5 – 22,5 ohm pada suhu 20 C.
Lalu apa ciri khas koil sudah wajib ganti. pertanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang dan mesin mendadak mati, bila koil bermasalah jarang sekali apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih melentikan bunga api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yang bagus berwarna putih kebiru-biruan, tidak heran kalau mesin susah hidup. lalu bagaimana cara mengecek untuk memastikan komponen ini masih baik atau tidak, harus menggunakan multitester dengan standar tahanan yang sudah disebutkan diatas namun jika tidak memiliki alat tersebut pengecekan bisa dilakukan sama seperti pengecekan busi, yaitu tempelkan kabel koil ke badan mesin lantas starter mesin bila terdapat percikan api jangan buru-buru menyimpulkan koil masih bagus, masih harus dicek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil telah loyo dan sudah tidak berfungsi maksimal.
BUSI
Umumnya sepeda motor yang businya telah aus atau bermasalah akan mati mendadak saat putaran mesin rendah atau saat melaju dalam kecepatan rendah. Saat dinyalakan mesin lama sekali hidup atau bisa hidup dan kemudian mati lagi dan begitu berulang-ulang, gejala lain juga kerap ditemui adalah saat laju kendaraan konstan mesin tetap stabil, namun pada saat tuas gas ditarik untuk meningkatkan kecepatan, tiba-tiba mesin brebet atau berpotensi mati. bahkan pada kasus-kasus tertentu timbul suara ledakan dari knalpot bila menemui gejala seperti itu, sebaiknya anda mengecek kondisi busi. caranya lepas busi dari dudukan dan biarkan kabel busi masih tersambung di ujung busi. setelah itu tempelkan kepala busi di badan mesin dan starter mesin.
Amati dengan seksama, adakah percikan api yang berasal dari kepala busi saat mesin dihidupkan, bila tidak ada berarti isolator dalam busi sudah putus dengan catatan CDI, Koil dan komponen kelistrikan lain dalam kondisi normal, sehingga busi wajib untuk diganti.
Gimana nih motor saya komponennya udah beli baru semua tapi belum ada pemgapian..
BalasHapusmotor apa gan? trus komponen apa saja yang baru
HapusLurr mau nanya motor jupier z klau d staer hilang api dr coil. Klau d engkol api ada apa lurr solusi yy
BalasHapusitu karna salah satu komponen pengapiannya sudah ada yang lemah lur, kalau pakai stater otomatis dia pakai aki dan strum dari aki akan berkurang jika di pakai stater, kalau di engkol kan dia langsung tanpa aki jadi apinya bisa keluar, coba kamu cek pada api yang keluar dari kiprok setelah itu - cdi - baru ke koil
HapusMas kalo apinya ada tapi ngga mau hidup itu mslahnua dmn
Hapussalam...minta no hvx.trmks
HapusGan, motor jupiter 2003 baru ganti cdi +kiprok skitar sbulan lalu skarang mati total gan, apanya yg rusak ya??
BalasHapuspengapian dari koil ada tidak gan
HapusKalo spin saya di gas keputaran tinggi agak brebet kaya mau maogok itu apanya ya lur ?
BalasHapusantara pengapian yang tidak stabil dan supply bhan bakar telat gan,
Hapuscoba cek pengapian, cuci karburator dan lihat bahan bakar yang keluar dari selang tangki lancar atau tidak, kemudian stel klepnya
Mau tanya..motor saya RX king..sudah gnti spull CDI,pulser,dan CDI..api dari spull menuju ke CDI ada..tapi yang keluar dari CDI GK ada..ada tapi kecil bahkan sampai tdk ada api SMA sekali..mohon bantuannya..
BalasHapuscoba ganti cdi nya gan, atau pinjem cdi tman agan dulu siapa tau cdi agan wlaupun baru tapi sudah tidak bagus.
HapusGan motor saya tiger 2005. Saya sudah ganti busi baru. Tapi saat motor dijalankan baru 5 kilometer kok ndut-ndutan kaya mau habis bensin begitu. Kira2 apa y gan?
BalasHapuscoba cek pengapiannya di saat motor agan mulai ndut ndutan,
HapusKak motor saya mio fino, sy udah ganti aki,oli,busi sama bersihin injektornya. Tapi saat motor di gas larinya kurang kencang dan gasnya juga agak keras terus suara klaksonnya kecil. Kira" masalahnya apa ya kak?
BalasHapusmungkin klaksonnya sudah rusak, atau coba stel baut kecil yang ada di kalakson, jika larinya kurang kencang itu banyak penyebabnya, karna bisa dari bagian dalam cvt dan bisa juga kompresi yang sudah lemah, dan jika pada saat sbelum di bersihin injektor larinya kencang tapi sesudah dibersihin malah larinya kurang kencang mungkin juga bisa dari injektornya yang bermasalah
Hapusgan motor ane Astrea kalo pake cop busi motor ga mau nyala ,cuman kalo dari kabel lsg ke busi nyalan gan padahal ane baru beli cop busi
BalasHapuspasang cop ke kabel busi dengan cara diputar supaya kawat kabel busi bisa menempel pada drat yang ada di cop busi
HapusGan motor Satria Fu pnya saya kalo gas rendah mati sendiri sdh ganti busi jugavtetap kaya gitu. Kalo sdh mati sendiri mau hidupin lagi harus matikan kontak dulu baru mau hidup. Itu kira kira apanya ya gan? Tks.
BalasHapusgejala awalnya gimana gan, dan untuk kabel" pengapian dan kelistrikan ada yang konslet tidak
Hapuspak mau tanya,tiger saya bbrp bln yg lalu turun mesin karena oli bocor stlh di selidiki ternyata lem silikon blok mesin nya aus shg
BalasHapushrs turun mesin cuma utk lem saja,namun slth di ganti lemnya muncul masalah baru yaitu mesin mati sendiri pada tiap pertama kali di hidupkan kadang walaupun tak mati sendiri tp stlh mesin panas kadang mati sendiri jd tiap dipanaskan selalu ada mati sendiri nya
min 1x,uda saya balikan ke bengkel yg bongkar katanya "mungkin setelan jarum di karburator terlalu nancep" kmd disetel oleh bengkel tp cm di puter2 bag mesin dengan tangan saja tanpa alat dan tanpa bongkar tp tetap sama saja,katanya "nanti klo msh mati2 bw
sini aja tak besarin biar agak boros aja".namun krn saya tidak sempat balik lagi kmd saya coba sendiri putar stasionernya krn saya pikir bengkel jg hanya memutar stasionernya,saya coba besarin dan dikecilin tetep sama saja ada matinya 1x
1)kira2 knp ya pak?
2)kmd sama teknisinya itu yg dputer2 pake tangan apanya ya pak?
3)solusinya bagaimana pak
kondisi motor tidak pernah dipake tp tiap 2 hari sekali dipanaskan selama 10 mnt
terima kasih
coba stel klepnya pak
HapusGan saya mau tanya.
BalasHapusSaya punya honda gl-100.
Kondisi putaran idle nya bagus.
Tapi pada saat mau jalan, putaran kira2 2000rpm kok sendat2 ya?
Tp diatas putaran 3000rpm dia lancar.
Kira2 solusi nya gmn ya gan?
servis dan otak atik pada karburatornya gan
HapusPak kalau honda tiger ,
BalasHapusNgga usah pakai accu aman gak buat CDI sama spullnya ??
untuk jangka panjang tidak disarankan pak, lebih baik dikasih aki yang sudah lemah juga tidak papa dari pada tidak sama sekali
HapusMotor sy kalau mesin panas mati, stl istirahat 5menitan bisa hidup dan jalan lg kira-kira 2-3km mati lagi dan berulang terus, tapi diselah bisa langsung hidup. Saat mogok sy coba cabut cangklong busi lalu kbl dr koil sy deketkan kebusi trus di selah tapi gak ada api. Itu apa yg rusak pak. Trims
BalasHapusganti spullnya pak, kebanyakan permasalahan di spull
HapusSpulnya baru 2thn ori ahm
Hapuscoba bpak cek pada spullnya dulu,gosong atau tidak dan kemudian cek pulsernya, motor bapak apa
HapusGl pro neotech pak
Hapus.motor supra 125 saya susah jidup kalo mesin panas..dan kalo gas tinggi kayak brebet motornya
BalasHapusstel klepnya gan, dan cek kompresinya
Hapusmau nanya gan spul terus terbakar gan apa penyebabnya ia gan?
BalasHapusmotor apa
HapusMotor saya yamaha byson gan dan saya udah ganti karbu kiprok busi dan permasalahan nya masih nyendat . Saat mesin mulai panas mati mendadak dan gitu terus api di busi pertama hdup biru lama kelamaan makin kecil itu knapa apakah cdi rusak atau coil saya yg tidak normal
BalasHapuscek spullnya gan....
HapusKlo motor sya supra mati total padahal smua, nya baru... Sampe bengkel nyerah... Knp ya om
BalasHapusmasa iya gan
HapusMotor saya L2 super pengapian nyala tapi kok susah hidup kenapa ya...
BalasHapusDan penyebab spulnya boros cepet mati apa ya..
Jalur pengapian dari sepul ke cdi rc dan ke coil trus busi pas ngak jalurnya?
coba di cek kompresi dan membran karburatornya gan, dan coba lihat spul apakah bergesekan dengan magnet atau tidak
HapusLur kenapa koil ku konslet seperti ada percikan api di bagian koil yang nyatu sama body. Trs klo keluar percikan mesin bisa mati seperti konslet. Mohon pencerahannya
BalasHapuscoba di isolasi mas, jalur kabel" nya, dan lihat kabel besar dari koil kebusinya siapa tau bocor arusnya
BalasHapusPak motor saya Astrea grand, kalau diengkol nyala cuma beberapa detik lalu mati lagi, trus di coba engkol lagi beberapa detik kemudian mati lagi, busi udah diganti baru
BalasHapuscoba cek spulnya pak
HapusKang admin, minta pencerahannya.
BalasHapusKok motor cb100 saya tiba2 mati, busi ngga ada apinya, kabel2 cdi udah di cek tapi kabel cdi warna biru strip kuning ngga ada apinnya. Minta pencerahannya kang admin😁
biru strip kuning memang gak ada apinya pak, karna itu dari pulser yang ada apinya hitam strip merah dari spul dan hitam strip kuning yang keluar dari cdi menuju ke koil
Hapushttps://www.tukarfikiran.id/2017/11/makna-warna-kabel-sepeda-motor.html?m=1
Om saya punya motor mesin cb 100.yg sdah di rombk CDI. Kmren Spul, CDI. KIPROK dan aki Jga sdah ganti. tapi bru jalan 100 mtr motr mti jalan. Kira2 apa kndla nya. Mhon ptunjuk
BalasHapuspengapiannya masih ada tidak om
HapusMas
BalasHapusmotor ane mio sporty, klau pagi mau di panasin kenapa hrus tarik gas trs ya? Klau lepas gas mati, tp klau mesin sudah panas normal lg, karbu udah baru, mohon solusi nya mas..
setel klepnya mas....itu klepnya terlalu rapat
HapusMas kalo motor mati total trus gak ada api sama skali yg keluar,spulnya gak hangus,itu kendalanya dimana ya?
BalasHapusmotor apa pak
HapusMas kalo motor mati total trus gak ada api sama skali yg keluar,spulnya gak hangus,itu kendalanya dimana ya?
BalasHapusMotor saya yamaha v80 robot. Karbu pakai non ori. Klo digas malah ngempos. Mohon solusi. Tks
BalasHapuscoba di test pakai karbu yang ori atau yg lain dulu pak
HapusMotor saya gl pro, kalau jalan beberapa meter langsung brebet, di gas serasa ngempos dan buru2 pindah gigi. Terus kalau saya nyalakan lampunya brebetnya sedikit berkurang. Tapi kalau di pakai pada malam hari brebet dan ngemposx hampir tidak ada. Bagaimana cara memperbaikinya.. mohon petunjuknya
BalasHapuscoba di pakein aki
HapusPamanku sy punya mtor xeon rudetnya minta ampun.. masalah aki tkor mulu stahun 2kali ganti, bolakbalik ke bengkel tp hasilnya cuman sminggu,2minggu, truss aja dicas.. ganti koolstater,bendik,kiprok,switrem, msh tetep knpa ya. Mhon pencerahannya paman sudah cape, mkasih banget ditunggu solusinya...
BalasHapusganti kiprok yg original....trus jangan pasang aksesoris yang menyebabkan aki tekor...
HapusBro,sya punya masalah nih akhir2 in pd motor satria fu.naah permasalahanya setiap mesin panas mesin mendadak mati alias mogok dan motor bisa hidup lagi setelah nunggu kurang lebih 30 menitan dan itu berulang terus.itu kira kira permasalahanya apa ya bro,soalnya sudah ganti coil tetep sama aja...?
BalasHapussaat motor agan mati coba cek api dari koil, ataukah ada apa tidak, jika tidak ada api sama sekali selanjutnya cek api yg keluar dari cdi dan kiprok...silahkan cari di blog saya ini arti warna kabel di sepeda motor...untuk mengetahui jalur kabel pengapiannya
Hapusbang saya mau nanya motor minerva saya brebet di rpm tinggi itu apanya ya,pengapian bagus ,karbu juga sudah di bersihin ,tapi masih brebet juga mohon infonya
BalasHapusmungkin supply bhan bkar kurang gan,atau stel klepnya...
HapusGan mw tanyak moyor aq jupiter mx klu pake aki bisa idup ypi sebliknya klu gk pake aki gk bs ifup sama sekali tu panya ya gan.. Mohon prncerahanya
BalasHapuscoba ganti kiproknya, kalau tidak cek api yang keluar dari kiprok yang menuju ke aki...siapa tau ada kabel yang putus
Hapusbang spool da ganti coil da baru cdi da ganti fullser da ganti semua kabel.da di cek pake multi dmulai dari jalur cdi ke kunci kontak ke spool ke batere ke fulserr tapi masi tidak ada api gman solusinya
BalasHapusmotor apa
HapusGan motor saya jupiter, koil dah ganti kiprok dah ganti karburator udah ganti brebet juga gan di gas tinggi
HapusBang mau tanya. sepeda motor saya kl rpm tinggi terada tersendat2 kaya mau mogok tp kl rpm rendah itu normal. Itu knp ya bang?
BalasHapusmotor apa gan
Hapusmau nanya bos, motor saya rx s, mesin hidup normal, karbu normal, akan tetapi saat rpm tinggi lariny brebet tapi gak mati.
BalasHapuscdi sudah ganti baru masih tetap seperti itu.
apakah bermasalah di spullny atau pulser atau gmn ya?
tolong pencerahan
setting karbunya gan agak di boroskan
HapusBg motor saya gl pro sudah lama ngak di pake udah 4thn trus sekarang mau pake.kok ngak ada pengapian nya ya.mohon solusinya bg
BalasHapuscek spul, kiprok, cdi, koil dan kabel" gan...
Hapuscek satu persatu komponen tersebut ada api yang keluar gak
Halo bang,motor ane mio sporty tiap kali mtor dlm keadaan mesin dingin atau waktu pagi hari, klo di nyalakan harus pakai bantuan choke, juga pada saat mau jalan,klo tidak pake choke pada saat di gas mesin nya sendat2 dan kyak mau mati, tp klo mesin sdh mulai panas jadi normal, tanpa bantuan choke di gas terasa normal,
BalasHapusItu masalah nya apa ya bang, mohon pencerahan nya,,
stel klepnya dan servis karburatornya gan
HapusBang motor saya gl max neotech 1998, spull sdh saya gulungkan ulang. Untuk pengisian dan lampu keluar arus listriknya,tp dari pulser tdk keluar.
BalasHapusSampai saya belikan pulser Lg yg ori tetap tdk keluar arus listriknya.
Mohon bantuannya bang, terima kasih
Mlm gan, mau tanya ketika motor pertama kali dihidupkan gda mslh(normal) tpi ktika mesin panas stelah 3-4km muncul knocking dan tenaga nya mulai berkurang,knocking smakin hebat ktika di tanjakan. Stelah mesin didinginkan mesin normal kmbali lalu jadi lagi!!
BalasHapus(ignition timming) kerusakan nya apakah di coil, karbu, atau CDI gan, atau part yg lain gan?
Saya mau tanya gan... Motor vario tekno yg karbu spul pengisian nya rusak dan pulser nya juga rusak.. Apakah motor bisa hidup di pasangi aki yg bagus? Mohon pencerahan nya.. Makasih gan
BalasHapustidak bisa gan
HapusMotor saya suzuki shogun 125 RR 07
BalasHapusGan motor saya unik penyakitnya.. atau mungkin disinih juga ada yg ngalamin hal serupa dgn sy kah. Hingga bisa balas komentar saya..
BalasHapusKarna aki Motor sering ngedrop akhirnya saya ganti aki baru. Dan ketika saya nyalahin stopkontaknya di on motor sama sekali tidak hidup. Anehnya biasanya motor saya hidup walau aki lemah. Sy udah cek skring dan kabel skring itu normal semua. Tp motor tetap matitotal padahal aki baru. Cdi jg masih bagus. Apa mungkin gan klw spullnya rusak/mati motor gk nyala sama sekali/matot. Spedometer gk nyala lampu gk nyala yah jdi pajangan doanglah istilahnya.. gimana solusinya gan?? Apa iy spull penyebabnya
motor apa pak
HapusGan sy punya mio sport klo putaran tinggi ngpos brbet gada tenaga,tp klo rendah lancar,klo mesin dingin susah idup,klo mesin dingin langsung jalan kurang lebih 100m ngmpos mati,diengkol smp kringtn baru idup,padahl komponen karbu sama busi dah ganti..apanya itu gan??..
BalasHapusGan sy punya mio sport klo putaran tinggi ngpos brbet gada tenaga,tp klo rendah lancar,klo mesin dingin susah idup,klo mesin dingin langsung jalan kurang lebih 100m ngmpos mati,diengkol smp kringtn baru idup,padahl komponen karbu sama busi dah ganti..apanya itu gan??..
BalasHapusbiasanya itu terlalu irit bbmnya gan...coba lihat businya berwarna apa...kalok berwarna putih brarti keiritan kalau merah batu bata berarti pas...jika hitam brarti trlalu boros...untuk pnanganan mslah karburator sbaiknya bawa ke ahlinya gan
HapusMas, New Jupiter MX saya, kalo putaran atas kok mbrebet kaya mau mati ya ?
BalasHapusItu knpa ?
Udah servis karbu masih aja begitu
itu terjadi karna limiter mas....
HapusBrother,motor satria fu saya kalo udah jalan sekitar 5-6 kilo di rpm rendah atau mesin udah panas,motor tiba" mati dan disaat rpm rendah dijalanan macet,mator terasa ndut-ndutan kaya mau habis bensin. Padahal busi rutin ganti. Pulser udah ganti. Tapi msh aja ndut ndutan di rpm rendah dan disaat motor udah panas. Kira" apanya ya bang..
BalasHapuscoba pinjem CDI temen dulu buat uji coba, dan yg paling penting harus ada akinya
Hapusmas, motor sy xeon rc. sy sdh ganti kampas ganda+mangkok, van belt, rmh roller+roller, cdi, kiprok tp knp msh gredeg jg ya.? tolong saran dan solusinya mas
BalasHapusgredek pada bagian cvt apa mesinnya bos
Hapusbang motor saya honda tiger.
BalasHapussaya mau tanya tentang pengApian
cdi,kenapa motor saya kalau di pegan kabel YG dari cdi ke koil itu ada listrik,
tapi kalu di stater tidak ada percikan nya
pada motor pngapian DC memang kalau aki masih normal pasti ada arus listriknya kabel dari cdi ke koilnya dan agak sedikit nyetrum,jika tidak ada apinya silahkan cek pulsernya atau koilnya
HapusAss,mau tanya kalau mio GT 125 bensinya klw di stater,banyak keluar di kendelpot,itu apanya yg di ganti mas? Katanya injektor sda kita ganti tapi masih tetap sama,klw di stater hidup trus mati lagi,pengaruh bensin yg keluar di kendelpot,kata bengkel cdi mas,ada yg bilang di program ulang,tpi keuangan masih sempit mas,mohon bantuanya mksi...
BalasHapussebaiknya servis paket injeksi nya bos ke bngkel resmi, dan jngan bngkel pinggr jln yg blum pham tntang injksi, nnti mlah jadi klinci prcobaan motornya...
HapusMau nanya mas motor saya satria fu
BalasHapus, nah pengapian dr ilang, cek spul ,cdi nyala. Tp pas kabel koil di tempel ke rangka tdk ada percikan sama sekali. Apanya mas?
jika dari cdi yg mnuju ke koil ada apinya sedangkan dari koil tidak kluar prcikan api, bisa jadi koilnya yg sudah rusak, atau coba cek kabel masa koil atau baut pengait koil ke rangka mesin siapa tau kendor
HapusMau nanya gan..mtor saya viar ..dah ganti spul sama pulser tapi mash belum ada api nya..maslah nya dimana ya
BalasHapuscek kabel api dari spull yang menuju ke cdi biasanya warna kabel hitam strip merah, coba tempelkan ke bak mesin atau massa motor dan coba di sela" jika keluar api berarti permasalahan ada pada CDI atau koilnya, kabel api yang keluar dari cdi menuju ke koil hitam strip kuning
HapusMaaf gan mau tanya motor saya megapro arusnya dc, kmrn bermasalah dikelistrikanya. Yaitu pas waktu jalan tiba-tiba pengapian hilang sama sekali alias mogok, tapi tiba-tiba bisa sendiri. Setelah bisa jalan lagi, lampu mulai berkedip-kedip kayak mau mati lagi. Trus motor juga mbrebet kayak kurang listrik, tapi masih bisa jalan pelan. Setelah itu saya cek nyalain dirumah bisa nyala tapi tiap digas pelan mbrebet lagi, saya pakai cdi brt racing yang ada indikator lampu merah dan biru, saya cek lampu birunya gak kedip-kedip, biasaya klo pengapian bermasalah lampu cdi biru akan berkedip, tpi ini gak berkedip berarti menurut saya pengapian aman, tapi kok masih brebet dan klo dibuat jalan kadang hilang kelistrikanya. Mohon pencerahanya gan.
BalasHapusapakah kondisi aki agan cukup prima
HapusKondisi normal gan.
Hapuscoba setting cdi nya gan
HapusMaaf gan, mau tanya dong... Motor ane Byson karburator... Semalem waktu jalan tau" motor mati total.. spedometer ga nyala sama sekali... Udah cek sekring tidak putus... Cek kabel" tidak ada yg konslet... Kabel kontak sudah saya langsungin.. di kick stater tetep ga bisa... Kira" apa penyebabnya ya gan... CDI,kiprok, apa spul ya... Mohon solusinya gan
BalasHapuscek kiproknya gan
HapusMaaf gan mau tanya, motor ane byson karbu, setelah konslet terkena air saat di cuci listrik hilang semua, trus sudah ane ganti aki, cdi (brt) , kiprok, busi dgn yg baru trus mereka hidup semua nah masalahnya saat mesin keadaan netral itu di gas tdk ada masalah walau keadaan gas d tarik tinggi (gas pol), nah masalah nya saat jalan gigi 1 dan seterusnya pd rpm 5-8 brebet nya minta ampun kyk mau kehabisan bensin, mohon pencerahan gan..terima kasih
BalasHapuscuci karburatornya gan....
HapusPak.. motor saya piaggio zip100.. udah pusing sama gejala mesin susah nyala pas di starter.. aki baru beli, berkali2 di starter sekalinya nyala ga bisa langsam, asap hitam kalo di gas pol, karbu sudah di cuci.. sebelum susah hidup, motor itu suka mati tiba2 begitu jalan 15menitan,distarter ga hidup mesinnya.. di tungguin 15 menita baru hidup lagi.. mohon bantuannya pak, analisa apa aja yang harus di ganti.. :(
BalasHapusstel klepnya pak...dan cek kualitas bahan bakarnya bagus atau tidak...jika saran saya sudah di kerjain tapi blum ada prubahan silahkan komen lagi siapa tau gejala klistrikan motor ada yg mulai lemah atau mati
HapusGan motor ane Tiger Lama sudah Ganti Aki,Kabel Bodi,Kiprok tapi listriknya masih lemah nyalain lampu sein juga masih redup.kira2 masalahnya dmn gan.?
BalasHapuscek pada kabel massa gan...jalur kabel massa yang menuju ke lampu" coba jumper dengan tambahan kabel ke massa sasis motor atau mesin motor
HapusMas saya mw tanya saya punya soeda mio sporty pengapiannya gak kluar saya suda coba cdi yg baru tpi ttep trus saya coba langsung kabel pengapian yg dari bawah saya langsung ke cdi hasilnya jugak sama gak kluar jugak mohon bantuannya gan
BalasHapuscek kabel api dari spul yg warna putih...cabut kabel putihnya dan soket pasang lagi di soket tersisa kabel kuning dan hitam jangan di cabut...lalu coba sela motor sambil tempelkan kabel putih tadi yg dari spul ke mesin motor ada percikan apinya tidak
HapusGan thunder 125 old ga ngisi akinya kenapa ya? Tapi kalau mesin nyala walau aki habis lampu masih terang
BalasHapuscoba cek kabel pengisian yg dari spull gan...kalau tidak coba ganti kiproknya...atau mungkin sekringnya putus gan...
HapusGan saya mau tanya... motor saya vario 110 tiba - tiba mogok di jalan, terus saya cek... di double stater gak bisa, kayak gak ada listriknya tapi lampu, klakson nyala.... terus di kabel busi juga gak ada listirknya... itu kenapa ya gan??
BalasHapuscoba di urut pengapiannya dari spul pengisian trus kiprok cdi gan
HapusGann motor saya jupiter, klw mesin masih dingin gk brebet klo udah panas brebet. Koil udah di ganti,kiprok,karburator
BalasHapuspastikan soket" pengapian kencang dan sambungan kabel juga tidak kendor dan di isolasi....setting karbunya liat warna busi jika hitam terlalu boros jika putih terlalu irit dan jika merah bata berarrti pas asupan bhan bkar dan udaranya...dan setel klepnya
HapusMau tanya aku punya motor viar broda tiga klo mesin panas mati. Tpi cek dri coil nyala. Dri busi nyala. Tpi tetep nga mau jalan. Tetpi klo mesin dingin jalan sendirimohon pencerahannya
BalasHapuskompresi masih padat gak gan
HapusMas minta solusinya kalau mtr sy rxk gak ada apinya. sudah ganti koil baru jg sama padahal dr cdi apinya besar pas masuk koil jd ilang apinya..
BalasHapuscoba ganti koilnya,,,atau cek masa yg ke koil
HapusMotor saya sering mati jarak 1 kilo mas kenapa ya, tapi bisa dihidupkan lagi
BalasHapuspada saat mati cek pengapian gan ada atau tidak...atau mungkin supply bbm nya telat
Hapusassalamualaikum
BalasHapusmohon bantuanya
saya habis touring setlah motor sampek rumah sejam an saya pake lagi motor saya baru sampek 1km mati, motor saya gl100, tiba2 suara kenalpot bunyi pletak pletak motor langsung mati, saya kira busi minta ganti setelah saya ganti ternyata tetep gk bisa dihidupkan ,saya cek busi gk ada listriknya, kabel koil pun juga gk ada listriknya,, kira2 masalahnya dimana ya?
cek api dari spull kiprok dan cdi juga gan
HapusAssalammualaikum,,,saya mau tanya nih.saya punya masalah dengan astrea legenda saya jd susah hidup saya cek dari spul normal trus dari koil saya cek bagus saya sambungkan lagi ke busi bagus juga tapi pas saya pasang busi ke mesin susah hidup Malah jadi keluar bunyi nembak nembak dari knalpot,itu apa ya masalhnya...mohon bantuannya ....
BalasHapuscoba ganti businya gan...atau mungkin prmasalahan bukan pda pngapian bisa di karburator dan top nya yg geser
Hapusmau nanya gan motor saya kalo mesin sudah panas suka mendadak mati..tapi bisa di hidupkan lagi..maju lagi trus beberapa saat mendadak mati lagi..knapa ya.mohon bantuan nya.
BalasHapusmotor apa gan...ketika mati cek pngapiannya ada tidak dan cek juga supply bbm nya apakah tersumbat kotoran atau tidk
Hapusmau nanya gan motor saya kalo mesin sudah panas suka mendadak mati..tapi bisa di hidupkan lagi..maju lagi trus beberapa saat mendadak mati lagi..knapa ya.mohon bantuan nya.
BalasHapusGan mau nanya. Cara mengatasi spul pengisian mati, dan yg dipakai cdi DC itu gimana gan cara mengatasi agar tidak mogok. Dan irit biaya
BalasHapusmungkin anda harus gulung ulang spull pngisiannya gan
HapusGan mau nanya. Cara mengatasi spul pengisian mati, dan yg dipakai cdi DC itu gimana gan cara mengatasi agar tidak mogok. Dan irit biaya
BalasHapusMotor saya skydrive, keluhannya kalo udah jalan lama suka mati sendiri, distater sih langsung mau, tapi kejadiannya bisa berulang-ulang mati hidup lagi, tolong pencerahannya bos, padahal udah pake pertamax
BalasHapuscek pada selang membrannya gan kali aja pecah...dan ketika mati cek juga ada apinya tidak
HapusMau nanya gan,
BalasHapusMtor ku jupiter z,
Kalau di pake jarak 1km atau lebih kdang mati, di kikstar lgi hidup dan di pke lgi bbrapa meter kdang mati lagi, it apanya yg di ganti?
Trus klu kunci kontak di on kok ad suara kluar dri koil, ap it normal?
Trmks
cek pada membran bensinnya dan selang" nya gan apakah lancar atau tdk suply bbm nya...kmudian pada saat mati cek pngapiannya ada atau tidak...dan coba cek soket kabel koil yg dari cdi
HapusSalam kenal,mau nanya motor mio sy dari busi keluar api merah ujung biru apa system pengapiaanya sdh 100%oke?,terus klo diengkol kadang padat kadang ngelos apa ada yg bocor dikompresi atau diklepnya?sekian dulu dr sy...
BalasHapuswarna busi yg bagus itu merah bata, jika mndekati mrah boleh d katakan oke...dan untuk engkol yg ngelos coba stel klep jika kompresi bocor...dan jika ngelosnya bkan karna kompresi silahkan buka bak cvt nya dan bnerin prmasalahan engkolnya
Hapusmtor saya absolute nih,, tdak mau hidup, padahal dari sepul, cdi arus ada.
BalasHapusTpi kok sampek koil api nya tdk ada sama sekali, mohon pengarahan nya mas.
silahkan cek pada soket" koilnya dan pastikan koil nempel ke massa jika blum berhasil silahkan ganti koilnya
Hapusmas mau tanya.. motor saya Tiger kenapa ya kok kadang setrumnya hilang terus kalo dibiarin sampe mesin dingin ada lagi..
BalasHapuskalo di start otomatis dinamo starternya bisa nyala tapi gk bisa nyalain mesin.. tapi kalo pake kick satrter sekali selah langsung bisa nyala mesinnya..
Kenapa ya
pada saat api hilang coba cek pada spull pengisiannya lihat ada apinya atau tidak dan jangan lupa cek api kiprok yg menuju cdi....untuk stater yg tidak ngangkat mungkin karna putaran dinamonya sudah lemah atau bisa juga pengapian motor yg kecil...cek api yg keluar dari koil dan lihat percikannya jika terdengar keras dan biru dan juga panjang letikannya berarti pengapian bagus
HapusMau tanya gan motor megapro primus saya habis ganti kabel baru kok boros cdi ya, jadi seminggu sekali ganti cdi. Hanya tambahan relay buat klakson keong aja. Kira-kira permasalahannya dimana ya?
BalasHapuscek jalur kebel pengapian pakai multi tester gan apakah jalurnya benar atau tidak...biasanya kabel baru jalurnya juga ada yg salah jika imitasi..
HapusGan motor mio 2012, klau sementara jln dia sering mati, knpa ya gan
BalasHapuscoba di standar 2 gan dan di gas gas motornya..apa ada ciri" mau mati atau tdak
HapusGan, motor saya legenda 02, kalo panas motor jadi brebet trus mati,,saya chek koil ke busi api nya lumayan gede 1,5cm an,,tapi dari spull yang kabel item itu api nya kecil bgt,,apakh fix spull nya harus ganti yak.makasih
BalasHapusdari spul memang kecil gan tapi setidaknya saat di tempelkan ke massa ada bunyi percikan apinya
HapusGan ane mau nanya ane punya motor Mio soul 2008 di kabel massa akinya keluar percikan api dalam keadaan mesin hidup tapi memang apakah ada apinya atau tidak ya gan? Trus juga apa gara gara itu aku jadi ikut tekor atau tidak? Mohon solusinya
BalasHapususahakan untuk sambungan kabel dan soket" kabel kuat dan bersih dari karat gan supaya supply arusnya normal
HapusGan mengutip dari kata2 diatas pada bagian "Berbeda bila putaran mesin tersendat diputaran atas, itu berart koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi sehingga lompatan apinya terputus-putus, begitu gas diturunkan mesin normal kembali" itu artinya koil bermasalah bukan. terimakasih
BalasHapussebaiknya jika ingin mengetes pengapian dari komponen mana yg bermasalah harus di tes pakai komponen yg lainnya gan supaya bisa ketebak di komponen manakah yg bermasalah atau itu koil, cdi atau yg lainnya...
HapusOm numpang tanya saya punya gl pro black motor hidup tp digas brebet bahkan mati api ada tp agak kecil mohon pencerahannya om
BalasHapuscoba pas di gas lihat lompatan api dari kabel koil ke busi nya apakah lancar atau putus"
Hapusmas motor yamaha alfa saya 3hari sekali ganti busi kirakira apa yah penyebab nya ....
BalasHapuscek warna businya gan...dan lihat apakah basah atau tidak businya...dari situ akan terlihat penyebabnya...jika busi basah akibat oli yg masuk keruang bakar atau bensin yg terlalu boros maka busi cpat mati
HapusSelamat siang gan.
BalasHapusMotor saya jupiter MX keluaran tahun 2007. Saya pernah ke bengkel, katanya api motor tersebut lemah dan harus pasang api baru bisa nyala.
Apa betul harus pasang aki dulu biar bisa nyala?
bisa mas...tapi jika suplly arus listrik pengisian ke kiprok lemah maka aki juga akan tekor dan motor juga susah hidupnya gan...bisa hidup mungkin akan brebet dan tidak stabil...maka sebaiknya kelemahan pengapiannya tu dari komponen mana dulu atau kah spull, kiprok, cdi, atau koilnya
HapusSelamat siang gan.
BalasHapusMotor saya jupiter MX keluaran tahun 2007. Saya pernah ke bengkel, katanya api motor tersebut lemah dan harus pasang api baru bisa nyala.
Apa betul harus pasang aki dulu biar bisa nyala?
bisa mas...tapi jika suplly arus listrik pengisian ke kiprok lemah maka aki juga akan tekor dan motor juga susah hidupnya gan...bisa hidup mungkin akan brebet dan tidak stabil...maka sebaiknya kelemahan pengapiannya tu dari komponen mana dulu atau kah spull, kiprok, cdi, atau koilnya
HapusBg mau tanya kalau satria f kalau perjalanan jauh sering berebed bahkan sering mati tetapi ketika didiamkan kembali normal lagi,dan bisa dijalankan kembali, apa kira2 bg penyebabnya, mohon bantuannya bg..
BalasHapuscek suplay bahan bakarnya lancar atau tidak...setelah itu cek pengapiannya pada saat mesin mati...
HapusBos saya pnya motor fu. Sya mau tnya. Kbel sepul yang ke kiprok kan ada dua, putih sama kuning, nh pertnyaan nya knpa ktika kbel kuning sya smbung ke kiprok langsung brebet tpi klok sya lepas, bru lamsam. Itu apa nya bos.
BalasHapuskabel kuning itu untuk lampu sedangkan putih untuk pengisian...apakah jalur masing" kabel spull sesuai ke kiprok atau tidak
HapusMas motor saya Suzuki skywave sdh ganti seher ring CDI karbu cvt part original semua tp mesin dingin MTR bs top speed 100 km setelah mesin panas top speed 40 km, sampai boncengan aja gak kuat jalan kira2 apanya yaaa
BalasHapusuntuk karbu apakah ada masalah atau tidak...
HapusMas motorku Satria Fu
BalasHapusKalau aku pakai kira kira 2 sampai 3 km.
Langsung ngadat ngadat habis itu mati dia bro.
Kira di diamin 5 menitan baru mau hidup. Kira kira kenapa yah?
umtuk masalah pengapian gimana pak apakah saat mogok ada kendala di pengapiannya api hilang atau gimana
HapusOm, saya mau tanya. Motor saya vega r 2004. Nah motor saya barusan mogok sampe 5x. Trus coba dihidupkan, tapi susah. Trus sekalinya mau hidup, tapi malah mati saat digas.setelah bisa jalan lagi, trus brebet dan mati lagi. Begitu terus berulang2. Kira2 apa ya om penyebabnya?
BalasHapusmogoknya itu karna masalah pengapian atau masalah lain pak...coba cek permasalahannya dulu
HapusTes
HapusTes
HapusMotor smash 110 saya klo di hidupin lampu sen nya kok ndut ndutan sesuaui irama lampu sen nya bg,trus stelah itu motor nya matu bg,apanya yg bermaslah ya bg??
HapusMakasi
Gan saya mau tanya, motor saya kn f1zr api dr koilnya kecil trus dari businya jg kecil udh ganti koil sama pulser ttap aja, tp klau di copot kabel dr cdi k koil ada apinya, kalau hidup jga trus mati2 .. Menurut agan apanya yh yg rusak? Apa cdi nya prlu ganti?
BalasHapusTes
BalasHapusSalam🙏
BalasHapusNumpang tanya boss
Saya punya Tiger 2000
Pengapiannya kadang ada kadang hilang
Saya sudah periksa spull pulser CDI kimprok aki coil dan busi tapi tetap aja pengapiannya kecil bahkan kadang kadang hilang
Kira2 apa ya boss
Mau nanya gan,aku punya spin koq kalo panas mati sih apaya ya gan,padahal aki baru splul baru koil baru tapi tetep aja ga bisa buat jalan jauh.
BalasHapusgan mau tanya saya punya shogun sp. tapi setrum pengapiannya kadang nyala kadang mati. kalau hidup pasti ga lama mati lagi. trus susah nyala lagi. bahkan suka hilang strum pengapiannya.
BalasHapusMau tanya
BalasHapusMotor supra saya tidak keluar listrik.nya tapi mulai dari spull koil dan cdi saya coba pindahkan kemotor supra yg lain itu motor bisa nyala, giliran saya balikan lagi ke motor supra saya sendiri listrik hilang lagi
Kira" apa penyebabnya
Mohon dibantu
Mau tanya
BalasHapusMotor supra saya tidak keluar listrik.nya tapi mulai dari spull koil dan cdi saya coba pindahkan kemotor supra yg lain itu motor bisa nyala, giliran saya balikan lagi ke motor supra saya sendiri listrik hilang lagi
Kira" apa penyebabnya
Mohon dibantu
Maaf saya mau tanya
BalasHapusMotor saya supra tidak keluar listrik sama sekali akan tetapi bila spull koil cdi saya pindahkan ke motor supra yang lainnya, motor bisa nyala...
Terus saya kembalikan lagi spull koil dan cdi.nya ke motor saya sendiri listrik.nya gk ada lagi
Mohon bantuanya
Terima kasih
Maaf saya mau tanya
BalasHapusMotor saya supra tidak keluar listrik sama sekali akan tetapi bila spull koil cdi saya pindahkan ke motor supra yang lainnya, motor bisa nyala...
Terus saya kembalikan lagi spull koil dan cdi.nya ke motor saya sendiri listrik.nya gk ada lagi
Mohon bantuanya
Terima kasih
Maaf saya mau tanya
BalasHapusMotor saya supra tidak keluar listrik sama sekali akan tetapi bila spull koil cdi saya pindahkan ke motor supra yang lainnya, motor bisa nyala...
Terus saya kembalikan lagi spull koil dan cdi.nya ke motor saya sendiri listrik.nya gk ada lagi
Mohon bantuanya
Terima kasih
Bg saya kan punya smash 110,klu lampu sen nya dihidupin mesin nya ndut ndutan sesuai sen bg,trus motornya mati,apa nya yg bermasalah ya bg??
BalasHapusThnks
Gan mw tanya. Motor z mio sporti cdi baru kiprok baru tapi api kecil menuju kabel koil mohon infox gan?
BalasHapusApa penyebap Mio sering bunuh CDI bos
BalasHapusMas mtor sya byson karbu th 2012 posisi pagi katagori msin dingin lah dihidupin langsam dan bagus tapi stelah mesin mulai panas mati sendiri dan ssah dihidupin...dan klo buat jlan jg sma posisi dingin enak gliran agak jauh dan mulai suhu panas tiba2 mati....vacum dh baru...saya kok curiga di koil ya mas bnr pa gak....klo klistrikan lampu aman mas cz msih jelas dan klakson juga bunyi keras....
BalasHapusGan motor supra 125.dibawa jalan,di putaran gas tinggi kok brebet ya?
BalasHapusTp klo pakai kiprok supra 110,brebetnya hilang,tapi lampu nya jd mati
motor saya rxking saya sudah ganti spul jalan tetapi dari kabel cdi ke koil itu kadang ada dan kadang gaada ,bahkan dikabelnya itu pas disambung kabel busi tidak ada percikan pengapian ,kira kira itu cdi atau pulsernya ya ??
BalasHapusMOtor ane njmx. Pas jalan jauh. Mesin panas putaran bawah brebet. Digas ngempos malah kadang mati. Harus rpm tinggi terus baru mau jalan. Karbu udh dibersihkan. Aki starter jreng, jalur bensin aman. Pas brebet api dari kabel busi ada, warna merah. Kalo cuaca dingin/hujan aman. Kira2 apanya ya?
BalasHapusBoss absolute revo udah ganti CDI dan ganti kiprok yg KW tapi bos hehe
BalasHapusBaru jln bentar udh hilang total api nya asal kenak lubang atau guncangan bos mhon penjelasan nya boss
Mas,,motor saya Megapro taun 2004,,saat motor stasioner ayo rpm rendah sistem kelistrikan normal,setelah dipakai jalan dirpm rendah tetep normal tp saat rpm menunjuk diangka 5000 sistem kelistrikan jdi lemah,tarikan motor jga brebet,sempet saya bawa ke bengkel katanya masalah ada dikabel2nya,stlah dr bengkel kelistrikan bisa normal,tp masalah muncul lg sehari kemudian,kira2 penyebabnya apa ya mas,,
BalasHapusNb:aki sudah dicas ulang,motor baru turun mesin altar 6blan,kabel kelistrikan sudah ganti baru tp KW,,
kak mau nanya, motor saya megapro primus, udah nngak pake aki. kalo lagi langsam lapu sama klakson bisanyala tp kalo digas lapu jadi redup dan klakson nggak bunyi, terus udah 3 tahun saya pake cdi unlimiter skarang kalo di gas penuh jd seperti pake cdi biasa. (motor belum dibawa ke bengkel) mohon pencerahannya kaka. trimakasih banyak sebelumnya.
BalasHapussanya mau nanya kaka. motor saya megapro primus, udah nggak pake aki. kalo lagi langsam lampu sama klakson nyala stabil tapi kalo di gas lampu jd redup klakson nggak bunyi. terus udah 3 thn saya pake cdi unlimiter sekarang kalo di gaspul jd seperti cdi biasa. motor belum dibawa kebengkel. mohon pencerahannya kaka. trimakasih sebelumnya.
BalasHapusGan Mao tanya, motor saya Scorpio 2015. Baru ganti aki 1 minggu, sekarang nga Mao di stater, lampu sein jg nga Mao. Kalau pakai kick starter motor bisa hidup.
BalasHapusSaya coba setrum aki lagi.... Bertahan cuma 1 hari aja, setelah itu nga Mao lagi di starter..... Kira2 kenapa ya gan?
Terimakasih kasih sebelumnya.