Cara Membuat Charger Aki Pakai Kiprok Motor
Cara membuat casan atau charger aki motor menggunakan kiprok motor yamaha vega r, dioda bridge(dioda kiprok) dan trafo 3 atau 5 ampere, pembuatan charger / Casan aki ini terbilang cukup sederhana dan mudah dikarenakan kita menggunakan bahan yang mudah dicari di sekitar kita bahkan kita bisa menggunakan barang bekas yang ada dirumah apabila sudah tidak terpakai tapi masih bagus dan berfungsi dengan baik.
Sebelum melakukan perakitan alangkah baiknya jika anda memperhatikan jenis kiprok motor apa yang akan digunakan untuk membuat charger aki tersebut yang pakai kiprok motor karena pada setiap kiprok memiliki pin yang berbeda - beda fungsinya, baik itu kiprok motor yamaha, honda, suzuki Atau yang lainnya, dan yang menggunakan dioda bridge perhatikan juga pada setiap pin nya disitu ada empat pin yang dua pin ada kode positif dan negatif nya nanti menuju ke positif dan negatif aki sedangkan yang dua pin lagi menuju ke trafo untuk pemasangan di bolak balik sama saja.
Baca Juga : Arti Pin Kiprok Motor
Kita juga harus berhati - hati untuk membuatnya jika kita salah maka akan merusak komponen tersebut dan tentunya juga kita akan menggunakan listrik PLN yang ada di rumah kita yang bertegangan tinggi.
Saya akan membuat empat buah rangkaian charger dan menggunakan dua trafo yang berbeda yaitu trafo CT dan trafo non CT atau trafo NOL (0), jika menggunakan trafo CT maka pilih salah satu saja untuk pin 15 voltnya jika tidak ada 15volt bisa juga menggunakan 18volt karena nanti output dari kiprok hanya berkisar 13-14volt apabila menggunakan output travo12volt maka pengisian aki akan terasa lama bahkan susah untuk mengisi penuh dan dibawah ini saya sudah siapkan wirring charger aki otomatis menggunakan trafo 5 ampere dan kiprok motor yamaha vega r, dimana fungsi kiprok pada sepeda motor selain untuk pembatas arus lampu penerangan juga sebagai pengubah arus AC menjadi DC karena didalam kiprok tersebut ada rangkaian dioda sebagai penyearah dan terdapat juga IC sebagai saklar otomatis saat melakukan pengisian ke aki motor, maka dari itu saya menggunakan kiprok sepeda motor karena akan otomatis berhenti melakukan pengisian saat aki sudah terisi penuh. berbeda dengan rangkaian charger yang menggunakan dioda bridge (dioda kiprok) yang banyak dijual ditoko elektronik jika hanya menggunakan dioda tersebut maka charger tersebut akan terus melakukan pengisian walaupun aki sudah terisi penuh, yang nantinya akan merusak sel aki dan membuat aki cepat soak karena fungsi dioda bridge (dioda kiprok) hanya sebagai penyearah saja yaitu merubah arus AC menjadi arus DC.
Rangkaian charger non otomatis trafo CT pakai dioda bridge (dioda kiprok)
Rangkaian charger non otomatis trafo non CT atau travo NOL (0) pakai dioda bridge (dioda kiprok)
Baca juga : Cara Membuat Rangkaian Instalasi Lampu Sein Motor
Pada gambar di atas adalah skema pemasangan casan atau charger aki yang menggunakan kiprok sepeda motor dan juga menggunakan dioda bridge (dioda kiprok), saya menggunakan trafo 5 ampere dan menggunakan output dari trafo yang menuju ke kiprok sebesar 15 volt, dan itu masih arus bolak - balik (AC), setelah kita sambungkan ke kiprok motor atau dioda bridge maka arus yang tadinya bolak - balik (AC) maka akan berubah menjadi arus searah (DC). dan arus tersebut akan setabil di tegangan searah (DC) kurang lebih 13 - 14 volt pada output kiprok motor dan dioda bridge tersebut.
Kiprok sepeda motor bersifat charger otomatis karena setelah aki tersebut penuh maka kiprok ini akan berhenti dalam pengisian atau pengecasannya, pada saat pengisian kiprok ini akan menjadi hangat karna pada saat itu kiprok masih bekerja untuk pengisian aki, tetapi setelah Aki penuh maka kiprok akan menjadi dingin di karenakan kiprok sudah tidak melakukan pengisian terhadap aki ini sangat aman jika digunakan sewaktu kita tinggal pergi tidak kawatir over charge, sedangkan rangkaian charger yang menggunakan dioda bridge ini tidak aman jika kita tinggal terlalu lama bahkan sampai berjam-jam karena jika terlalu lama melakukan pengisian nanti akan terjadi over charge yang lama kelamaan akan merusak sel aki tentunya aki akan cepat rusak atau soak.
Mungkin itu sedikit penjelasan dari saya tentang pembuatan atau perakitan charger aki otomatis yang menggunakan sebuah kiprok sepeda motor, jika masih ada yang bingung silahkan bertannya.
kalo untuk 18 ct 18 ikutin ptunjuk itu kalo ngcas dah pnuh akan brhnti gk min ngcasnya , soalnya travo punya sya gk ada 15v min
BalasHapusbisa pakai yg 18volt ct, Kalok untk travo ct bisa d tambahkan dioda 2 buah pada masing2 pin ct nya dan ujung dioda 2 dioda di sambung jadi satu sebagai kutub positifnya...kiprok ini akan otomatis memutus arus ketika aki sudh pnuh...
HapusOk
BalasHapusBoss mau nanya tegangan rangkaian cas akinya 20volt kok aki yang aku cah berhenti di 12,4 volt saja udah gk mau naik lg
BalasHapusSoalnya kiprok akan menyesuaikan arus ke aki jika kutup negatif dan positif sudah menempel pada aki, dan jika aki telah penuh maka kiprok akan berhenti melakukan pengisian
HapusCara nyambung kabel kipas nya gimana mas ?
BalasHapuskabel kipas pakai tegangan 9-12volt gan.. jika di travo ada arus tersebut silahkan pasang 2 dioda lagi untuk trafo ct dan 1 dioda untuk yg non ct...serta tambahkan elco untuk arus ke kipas...
Hapusfungsi elco bagaimana boz..pada penyambungan kipas? elconya berapa volt?
Hapusmau tanya boz..saya punya trafo 10A..outputnya hanya satu pilihan kurang lebih 17.8 volt, bagaimana merakitnya untuk charger aki supaya aman?
Hapuselconya 25volt 2200uf atau diatas 2200uf juga gpp yg penting tegangannya jangan sampai di bawah 15volt...fungsi elco untuk menyimpan arus sementara sekaligus menghaluskan tegangan dc...
HapusSebenernya pakai 18volt juga sudah termasuk kebesaran gan, karena aki motor hanya 12volt...yg paling aman lagi pakai yg 15volt,,,
HapusSama aja bos, ikutin skema aja, nanti kiprok bakal menyesuaikan voltase nya
HapusSaya bingung kenapa masih harus memakai dioda, saya tau memang arus yg dibutuhkan untuk cas aki adalah harus dc, bukankah didalam kiprok sudah ada penyearahnya dalam artian bisa merubah arus ac ke dc, lalu kenapa masih memakai dioda? Sedang kan fungsi dioda sudah ada dlm kiprok
BalasHapusBang, itu biasanya berapa jam aki bisa full, dan tandanya apa?
BalasHapusmin mau tanya itu dioda yg ke aki dioda yg hitam ato yg zender
BalasHapusyang hitam gan yg buat penyearah merubah tegangan ac menjadi dc...bukan yg zener, kalau zener fungsinya menstabilkan tegangan
Hapusmaaf bukanya input ke kiprok itu ac....kalo dc ke kiprok apa fungsi.
BalasHapusmohon penjelasanya.
iya benar gan input kiprok itu ac dan sekaligus juga bisa menerima input arus dc, jika kita hanya memakai dioda saja sebenernya sudah bisa buat untuk menscharge aki tetapi namanya bukan charger otomatis...sedangkan jika di gabungkan ke kiprok maka akan mnjadi charger otomatis...aki akan berhenti melakukan pengisian jika telah penuh karna adanya kiprok.....
HapusBos out dari kiprok pakai dioda ta tidak
BalasHapuspakai gan
HapusOutput trafo non ct langsung ke kiprok emang gak bisa ya bang? Kan fungsi kiprok penyearah & pembatas voltase?
BalasHapusbisa gan...
HapusDioda sebelum kiprok itu tidak perlu karena fungsi kiprok merubah arus ac spul menjadi dc,dan itupun outputnya sudah otomatis berhenti jika pengisian sudah penuh tanpa perlu ditambah dioda segala macam
BalasHapusSe7
HapusMaaf numpang tanya Kenapa kalo ngecas aki pake kiprok
BalasHapusKiproknya dingin tapi air akinya terus mendidih kenapa ya mas apa emang bejitu? Mohon penjelasannya
memang begitu gan
HapusSaya cek tegangan ouput kiprok y 17,3 vol, tapi ko kalau saya tes saya beradukan kabel plus min y tidak ada api gan...?
BalasHapusdiodanya yang brapa amper gan ?
BalasHapusyang jelas harus melebihi amper trafonya
HapusPerbedan Output trafo non ct langsung ke kiprok sama kalau di pasang dioda apa gan..?
BalasHapusKoprok itu ngrubah ac dari ac ke DC ngapain pake dioda lagi...??
BalasHapusterserah yg mau rakit gimana gan,,mau pakai dioda mau tidak juga gpp
HapusMakasih ilmunya gan
BalasHapussama sama gan
HapusMas kenapa sblum ditancapkan ke aki ada suara dengung di cargernya, tp stelah ditancapkan ke aki dengung hilang kenapa ya. Sblmya trima kasih..
BalasHapusdengungnya bisa terjadi karena trafo sudah kendor kumparannya gan,,,,yg penting jalur perkabelannya gak salah itu tidak masalah gan
HapusMas kenapa sblum ditancapkan ke aki ada suara dengung di cargernya, tp stelah ditancapkan ke aki dengung hilang kenapa ya. Sblmya trima kasih..
BalasHapusSangat membantu & bermanfaat trimakasi bayak atas infonya gan,,,,,,,
BalasHapussama sama gan,,,,silahkan di praktekkan,,,
Hapuskalo sesudah kiprok tidak di pake dioda,bisa apa gak????
BalasHapusbisa gan,,,
HapusMaaf menurut saya nga usah pakai dioda penyearah juga ga pa2 langsung masuk ke input kiprok
BalasHapusiya gak pakai juga tidak apa apa gan,,,
HapusKalau pakai pengecasan laptop sambung ke kiprok gimana gan
BalasHapusbisa saja gan biasanya lubang pada ujung casan laptop itu adalah arus positif sedangkan yang bagian luarnya itu arus negatif,,,tinggal disambungkan ke kiprok gan,,, silahkan berkreasi gan
HapusNumpang tanya gan..knp ya kiprok dan travo sy menjadi panas saat ngeces aki 35 amper?... Sementara travo yg sy pakai 1.5 amper 12 volt..trimakasih sebelumnx mas.
BalasHapustrafo gak kuat gan, yg 5amper aja panas, apalagi 1,5 amper
HapusKalu misalkan stlh kiprok dtambahkan vol meter digital gmn cara pemasanganya gan..?
Hapustinggal hubungkan di kabel output positif negatif yang menuju ke capit aki
HapusDi dalam kiprok sudah ada dioda penyearah, jadi ada dioda sebelum kiprok fungsi nya sebagai penyearah dan juga penurun tegangan seperti resistor ( dioda 0,7 volt ))
BalasHapusiya gan sya tau, tidak pkai dioda juga tidak msalah
HapusApakah kiprok ada satuan ukurannya? Kemudian bagusnya pake kiprok motor apa ya Gan?
BalasHapuspakai kiprok suprax 125 bagus gan
Hapusgan mau nnaya kalo ngerakit kiprok dari 4 dioda gan amper nya yg di pakai berapa gan kan kiprok asli nya cuma 4 dioda yg di sambung kan gan
BalasHapus