Motor brebet saat di gas pada rpm tinggi
Baiklah sobat kali ini saya akan membahas mengenai motor yang brebet ketika digas atau brebet pada rpm tinggi, hal ini banyak sekali penyebabnya dan tentunya tak sedikit orang yang mengalaminya.
Untuk mengatasinya kita perlu tau awal mula penyebabnya yang membuat motor kita tidak bisa naik ke rpm tinggi atau brebet saat di gas tinggi.
Untuk pengecekan awal kita perlu tau kualitas bahan bakar yang kita gunakan apakah itu bagus apakah tidak, sebab bahan bakar juga sangat berpengaruh pada performa mesin motor kita, sebaiknya kita menggunakan bahan bakar yang berkualitas bagus nilai oktannya pakailah pertamax dan belilah di spbu karna biasanya ketika membeli bahan bakar pada kios kecil atau eceran itu sudah di campur-campur oleh tangan-tangan nakal mereka, setelah kita tau kualitas bahan bakar yang kita gunakan saatnya mengecek karburator, biasanya karburator sedikit kemasukan air saat di cuci maupun kehujanan, maka tutuplah kran dari tangki motor kita dan buanglah bahan bakar yang ada pada karburator dengan membuka baut pembuangan yang ada pada karburator motor tersebut.
Setelah itu kita juga bisa mengecek pada pengapian jika dengan cara diatas motor masih brebet saat rpm tinggi, untuk pengecekan pengapian kita memulai dari busi-koil-cdi-pulser-spul (untuk motor dengan sistem ac) dan cek aki pada motor sistem dc)
Cek BUSI, lalu lihat apakah percikan bunga apinya masih normal atau tidak, untuk busi yang masih bagus pada percikan bunga api akan terlihat berwarna biru keputih-putihan dan tidak menyebar pada sisi-sisi busi melainkan fokus pada ujung tengah busi.
Baca juga : Motor Injeksi Brebet
Cek KOIL, untuk mengeceknya kita lihat percikan api yang dikeluarkan pada koil, untuk koil yang masih bagus maka percikan api yang dikeluarkan koil juga berwarna biru keputih-putihan dan terlihat besar apinya.
Cek CDI, untuk mengeceknya kita cabut soket kabel yang menuju atau menancap pada koil, tempelkan ke masa dan coba sela motor tersebut bila ada percikan bunga apinya berarti cdi masih bagus, bunga api yang dikeluarkan cdi tidak terlalu besar karna hanya dialiri arus 12volt saja.
Cek PULSER, untuk mengecek pulser kita perlu memnggunakan alat multitester, setel multitester pada hambatan ohm meter kemudian salah satu ujung kabel multitester kita tempelkan pada masa dan satunya melalui kabel yang dari pulser, jika jarum multi tester masih bergerak berarti pulser masih hidup, tapi jika tidak bergerak sama sekali berarti pulser telah mati.
Cek AKI, untuk motor sistem pengapian dc, jika aki motor sudah tidak normal lagi ini juga sangat berpengaruh pada motor yang memakai sistem pengapian dc, karna motor juga akan brebet dan tidak bisa langsam, dan jika ini berlanjut pada jangka panjang maka akan merembet ke komponen lain seperti cdi akan mulai mati, karna pada umumnya pengapian dc diharuskan untuk memakai aki.
Cek SPULL, cari kabel dari spul yang berwarna hitam-merah untuk motor honda pengapian (AC), tempelkan pada masa kemudian sela motor tersebut, jika masih mengeluarkan percikan api berarti spul juga masih berfungsi, arus yang dikeluarkan spul tidaklah terlalu besar karna hanya sekitar 12Volt saja.
Cek filter udara, Filter udara tentunya sangat berpengaruh terhadap mesin, karna filter yang sudah terlalu kotor akan menghambat masuknya udara ke ruang bakar, hal ini yang sering terjadi pada sekitar kita dan karna berkurangnya udara akan menyebabkan motor brebet ketika digas bahkan tenaga motor pun akan berkurang.
Itulah cara menemukan masalah yang timbul pada motor brebet saat rpm tinggi, jika anda bingung dalam melakukan uji coba sebaiknya bawa saja ke dealer atau bengkel langganan anda, tapi tidak ada salahnya anda memperbaiki sendiri dengan mengikuti cara yang saya terangkan di atas.
Untuk mengatasinya kita perlu tau awal mula penyebabnya yang membuat motor kita tidak bisa naik ke rpm tinggi atau brebet saat di gas tinggi.
Untuk pengecekan awal kita perlu tau kualitas bahan bakar yang kita gunakan apakah itu bagus apakah tidak, sebab bahan bakar juga sangat berpengaruh pada performa mesin motor kita, sebaiknya kita menggunakan bahan bakar yang berkualitas bagus nilai oktannya pakailah pertamax dan belilah di spbu karna biasanya ketika membeli bahan bakar pada kios kecil atau eceran itu sudah di campur-campur oleh tangan-tangan nakal mereka, setelah kita tau kualitas bahan bakar yang kita gunakan saatnya mengecek karburator, biasanya karburator sedikit kemasukan air saat di cuci maupun kehujanan, maka tutuplah kran dari tangki motor kita dan buanglah bahan bakar yang ada pada karburator dengan membuka baut pembuangan yang ada pada karburator motor tersebut.
Setelah itu kita juga bisa mengecek pada pengapian jika dengan cara diatas motor masih brebet saat rpm tinggi, untuk pengecekan pengapian kita memulai dari busi-koil-cdi-pulser-spul (untuk motor dengan sistem ac) dan cek aki pada motor sistem dc)
Cek BUSI, lalu lihat apakah percikan bunga apinya masih normal atau tidak, untuk busi yang masih bagus pada percikan bunga api akan terlihat berwarna biru keputih-putihan dan tidak menyebar pada sisi-sisi busi melainkan fokus pada ujung tengah busi.
Baca juga : Motor Injeksi Brebet
Cek KOIL, untuk mengeceknya kita lihat percikan api yang dikeluarkan pada koil, untuk koil yang masih bagus maka percikan api yang dikeluarkan koil juga berwarna biru keputih-putihan dan terlihat besar apinya.
Cek CDI, untuk mengeceknya kita cabut soket kabel yang menuju atau menancap pada koil, tempelkan ke masa dan coba sela motor tersebut bila ada percikan bunga apinya berarti cdi masih bagus, bunga api yang dikeluarkan cdi tidak terlalu besar karna hanya dialiri arus 12volt saja.
Cek PULSER, untuk mengecek pulser kita perlu memnggunakan alat multitester, setel multitester pada hambatan ohm meter kemudian salah satu ujung kabel multitester kita tempelkan pada masa dan satunya melalui kabel yang dari pulser, jika jarum multi tester masih bergerak berarti pulser masih hidup, tapi jika tidak bergerak sama sekali berarti pulser telah mati.
Cek AKI, untuk motor sistem pengapian dc, jika aki motor sudah tidak normal lagi ini juga sangat berpengaruh pada motor yang memakai sistem pengapian dc, karna motor juga akan brebet dan tidak bisa langsam, dan jika ini berlanjut pada jangka panjang maka akan merembet ke komponen lain seperti cdi akan mulai mati, karna pada umumnya pengapian dc diharuskan untuk memakai aki.
Cek SPULL, cari kabel dari spul yang berwarna hitam-merah untuk motor honda pengapian (AC), tempelkan pada masa kemudian sela motor tersebut, jika masih mengeluarkan percikan api berarti spul juga masih berfungsi, arus yang dikeluarkan spul tidaklah terlalu besar karna hanya sekitar 12Volt saja.
Cek filter udara, Filter udara tentunya sangat berpengaruh terhadap mesin, karna filter yang sudah terlalu kotor akan menghambat masuknya udara ke ruang bakar, hal ini yang sering terjadi pada sekitar kita dan karna berkurangnya udara akan menyebabkan motor brebet ketika digas bahkan tenaga motor pun akan berkurang.
Itulah cara menemukan masalah yang timbul pada motor brebet saat rpm tinggi, jika anda bingung dalam melakukan uji coba sebaiknya bawa saja ke dealer atau bengkel langganan anda, tapi tidak ada salahnya anda memperbaiki sendiri dengan mengikuti cara yang saya terangkan di atas.
Gan, motor saya smash lama
BalasHapusKlo kiprok di lepas gas lancar, tapi klo di pasang gas tersendat sendat.. Gimana solusinya gan?
motor q vega mesin adem,di hidupin susah di engkol kaya ngelos,stater tekor aki,,hidupin di dorong,tapi kalau mesin udah panas engkol sekali hidup apa penyebab nya bro
BalasHapusTune up mesinnya,,,Cuci karburatornya stel klepnya
HapusGunakan BBM yg bagus, yg langsung beli di pom mau bensin pertalit Pertamax itu bagus kalau langsung di pom belinya
Gan motor byson udah ganti busi, koil, pulser masih mogok kadang susah dihidupin. Kl iya nyala habis dipake suka susah lagi hidupnya. Kira kira apa nya ya gan
BalasHapuspengapian dari kiprok normal tidak gan yg untuk pengisiannya,,,
HapusArus dari kiprok kalo bs diukur normalnya berapa y boss
Hapusnormalnya sekitar 12-13 volt gan
HapusBoss,new shogun 110,brebet di putaran rendah apalagi tinggi.karburator udah dicuci,api dibusi bagus,bensin dari pom.mohon petunjuk
BalasHapusstel klepnya...pastikan soket kabel gak kendor, lihat membran bensin bocor atau tidak dan pastikan repairkit yg ada pada karbu gak ada yg kendor
HapusBang, motor saya satria FU 150 tahun 2012. Kendala nya kalo motor sudah panas teeus jalan lambat atau kena macet mesin motor rasanya mau mati seperti mau mogok.kalo saya banyak nahan gas,pas stop di lampu merah terkadang gas nya besar sendiri seperti gak mau balik lagi tapi setelah beberapa detik mesin motor normal kembali bahkan kecil sendiri seperti mau mati,tapi harus di gas2 pelan agar tidak mati.kanapa gas motor saya tidak stabil ya bang?busi baru ganti,cek pengapian dari busi api nya normal ada.mohon dikasih solusi nya bang..Terimakasih..
BalasHapuscoba di tune up gan...cuci karbu, stel sim nya, dan pastikan tdak ada kbocoran pada krburatornya
HapusBang, motor saya beat street 2018 masih baru, kendalanya brebet pas lagi di gas tinggi, sama gasnya suka pindah-pindah ga jelas kadang ngempos kadang gasnya kerasa berat, kira-kira apa ya?
BalasHapusdi reset gan...injeksinya,..bisa manual bisa pakai alat kusus dari dealernya...,,,
Hapuskalau tidak coba bersihkan karat pada semua sisi spullnya pakai gerinda...
Gan motor sy,suzuki nex karbu. Mbrebret seperti kehabisan bensin kalo di gas tinggi.Yg udah diganti,piston skep karbu,karet vakum,filter udara,area cvt hampir semua diganti.Kuras tangki dan filter bensin aman,ganti busi,karet intake. Kira2 apa penyebabnya gan?
BalasHapusbisa dari karbu bisa juga dari pengapian ini gan...analisa dulu gejala awal seperti itu di sebabkan karna penggantian part apa...
HapusGan
BalasHapusMotor ane super cub .. Normal nggk pernah rewel karena udh di service smua skli star langsung hidup
Tiba2 kontak ane rusak pas mau di off , mesin nggk mati
Bawa di bengkel cmn buat perbaiki konta, malah di utak atik smpe mutar sya mogok, nah dari mogok hidup lagi di bengkel dan kotak nggk di perbaiki malah buka kabel2 smua smpe accu udh berjam2 nggk jadi udh sya bilang nggk usah, trus pulang dlm hati saya (mngkin cmn masalh kontak di utak atik smpe accu dan komponen lain)
Pas dalm perjalan tenaga motor saya hilang saat gas tinggi dan getar2 di mesin tapi kalau jalan pelan biasa aja motor saya kayak kehilangan tenaga
:( #tutupbaja bengkel begitu
dan skrang gmna gan....apa sdh d bnerin lagi...
HapusGrand di kasih karbu gl. Rpm atas brebet mati
BalasHapusSolusi nya gan
Grand di kasih karbu gl. Rpm atas brebet mati
BalasHapusSolusi nya gan
Motor ane Jupiter Z Burhan, pas ane pasang RPM tachometer pas mesin panas bisa brebet.. Ane masang lewat coil sesuai aturan pemasangan,tp kalo dcopot pada RPM tinggi normal.. Ap yg harus diperhatikan saat kondisi seperti itu, ap yg harus dganti?
BalasHapusmungkin kabel rpm nya ada yang bocor ke massa gan yg dari koil
HapusMas mau nanya klo motor Supra fit spek 54 klep standar karbu pe28,klo di gas sedikit mah ga brebet tapi pas udah setengah gas motor saya kaya petasan meledak itu kira" apa ya mas yang harus diganti mohon jawabannya
BalasHapuscoba di borosin gan
HapusMas mau nanya klo motor Supra fit spek 54 klep standar karbu pe28,klo di gas sedikit mah ga brebet tapi pas udah setengah gas motor saya kaya petasan meledak itu kira" apa ya mas yang harus diganti mohon jawabannya
BalasHapusmeledaknya pas turun gas atau tarik gas gan,,,, coba di paskan stelan anginya
HapusGan mtr saya shogun sp,di gas malh mundur jadi d rpm atas mtr hilang tenaga....
BalasHapusmundur gimana gan
HapusMotor ane Jupiter MX ,di rpm tinggi ndut2an kaya bensin abis dan seperti ilang setrum
BalasHapusKetika rpm diturunkan normal tanpa ada kendala
Di kecepatan 60-80 mulai ndut2an an,mohon pencerahan nya
periksa soket kabel kabel terutama soket kabel dari cdi yg menuju koil harus kencang gan
HapusMau nanya...? Beat karbu
BalasHapusKalo saat gas pol kayak ngosong ( telat)
Maslahnya dimna ya....?
coba di borosin gan...atau cek aliran bbm dari tangki ke karbu lancar atau tdk
HapusGan motor saya megapro pakai karbu pe28 pas di rpm bawah motornya enak buat lari. Tapi pas masuk gear 4 mulai brebet...
BalasHapusdi cek pas posisi tdk d bwa jlan sambil di gas diurut sampai ktemu brebetnya...dan coba gnti jarum skep gas dan cek warna businya gan
HapusGan motor saya megapro pakai karbu pe28 pas di rpm bawah motornya enak buat lari. Tapi pas masuk gear 4 mulai brebet...
BalasHapusbiasanya itu sedikit terlalu irit gan
HapusMohon petunjuk, mx new hilang api, gejala awal saat turun gas brebet seperti telat bensin, setelah 50m dari lampu merah, mati total. Dibongkar, ketemu di pulser diganjal ring bautnya mau hidup lagi. Tapi motor jadi ngempos sekarang dan brebet gas disentak. Lewat 80kph sangat berat. Apakah pulser perlu diganti?
BalasHapuscoba ganti dulu gan pulsernya
HapusGan kok motor saya tersendat sendat yah saat di gas?. Padahal busi sudah diganti
BalasHapusmotor apa gan
HapusMotor saya megapro primus pakai karbu tiger lama saat rpm atas mbrebet kaya mamau habis bensin itu kenapa ya?
BalasHapusbiasanya terlalu irit gan
HapusBang mau tanya...
BalasHapusMotor satria fu brebet.....jika kiprok nya di lepas normal lgi.
Itu penyebab nya apa ya.
coba bersihkan soket kiprok kemudian cek kabelnya gan siapa tau ada kabel kendor,,,
Hapusdan yg terpenting jalur pin kiprok masih utuh belum di rubah,, takutnya pada saat melakukan perubahan ada kabel yg tidak sesuai dengan pin kiproknya
Shogun sp ane pas lagi gas kenceng,, langsung kaya mogok" Gtuh,, brevet" Itu apaan nyaa
BalasHapuscoba ceknya jangan sambil dibawa jalan,,,lihat percikan api koil kebusinya saat gas kencang atau ada percikan api yg terputus atau tidak,,,jika tidak bisa dari suplay bbmnya kurang lancar gan
HapusBos motor Byson baru di ganti aki pkek aki baru sama busi baru tp di saat gas besar ngerebet , apa kendlanya bos?
BalasHapuscoba bersihkan karburatornya dan filter udaranya gan,,, cek juga vakum karbunya dan pastikan suplay bahan bakar lancar
HapusBang kalo punya saya, motor metic suzuki, karbu. Masalahnyaa Brebet dan meledak ledak saat turun gas dari rpm tinggi sekitar 80-60 km/j, kadang2 pas lagi narik gas ke rpm tinggi juga brebet meledak2
BalasHapusKalo sudah di gas rpm tinggi
kadang2 kedengaran kletek2 seperti suara percikan api busi di busi bagian luar
Busi baru di ganti seminggu di cek warna putih tapi sebagian ada yg merah
Koil bagus
Cdi bagus,
Filter bensin baru,
Awalnyaa kendalanya
Pagi motornya saya cuci, di pake seharian gk ada masalah, setelah sorenya saya copot body depan sama semua lampu2 depannya
Nah abis itu malamnyaa langsung gk normal
Penyebabnya apa bosss mohon di bantu
cek kabel pengapiannya gan siapatau ada yg kendor,,,
HapusGan, motor karisma ane kalo ane nyalain kadang spedometer hidup kadang mati, kalo spedo hidup motor lancar aja, tapi kalo spedo mati motor brebet pas di gas. Tapi lampu utama nyala bagus mau spedo idup atau spedo mati. Pertanyaan saya ada 2 gan.
BalasHapus1. Ini yg rusak apanya?
2. Ada kawan yg bilang permasalahannya di aki, katanya motor karisma brebet kalo aki rusak, dan aki saya emang rusak, brrti kerusakannya di aki?
*patokan saya spedometer karna cuman spedometer yg bereaksi sama brebet motor, kalo spedo idup lancar, kalo mati brebet(tersendat") pas di gas.
Thx.
aki memang menjadi permasalahan spedometer mati nyala gan,,, dan jika brebet berarti pengapian kurang normal akibat tidak ada akinya,,, coba cek kiproknya dulu jika kiprok normal coba di pasangkan aki dan tes perbedaannya gan
Hapusgan motor saya vega r new digas rpm tinggi tersendat sendat padahal karbu dah diservis pengapian ok mohon pencerahanya gan
BalasHapuscek dulu soket kabel dari cdi yg menuju koil gan,,, biasanya itu kendor
HapusMisi mas mau nanya,mohon di bantu ����
BalasHapusSaya punya motor satria 2 tak ru tahun 2003 di bawa jln di gas di putaran bawah enak tengah enak pas di putaran atas kok malah nyendat nyendat (putus putus) pas saya kendor kan gas malah enak, itu apanya yah yg rusak mohon di jawab ��
Karburator udh di kotak Katik tetap aja ,
Cdi ORI katanya orng toko.
coba di borosin dikit mas,,,kalau masih sama berarti efek limiter pada cdi tersebut
HapusMas numpang tanya kalo saya punya gl 100 masih platina, spull udah saya up 12v kalo koil masih bawaan gl pro 6v, pas jalan suka ada kaya los listik atw ngendut, itu pengaruh koil atw apa yah, so kondensor baru platina baru..
BalasHapuscoba koilnya di ganti yg 12 volt mas
HapusOm, saya punya F1ZR. Kemarin saya bersihkan karburator nya, motor normal seperti biasa. Td pagi saya benerin oli samping, cek kelistrikan lain lain, cuma karena motor saya kontak nya kalo dari on langsung ke off itu ga mati, biasa babeh bantu benerin coba potong arus dari kabel cdi gitu. Awal nya pas pagi ga brebet, tp maju siang pas di nyalain motor jd brebet, mau oper gigi ke 2 aja ada brebet. Dari apa nya ya om?
BalasHapusNumpang nanya min,Kompresi ada,Kelistrikan normal,Karbu baru,busi baru,ring seher baru,klep baru skir,motor masih tidak jalan,kenapa lagi min?
BalasHapuspengapian gimana
HapusSaya punya gl pro neotech gan, spul baru, kiprok Tiger, CDI standar kalo hidup lampunya motor awalan di rpm atas nyendat nga mau ngelos trus makin lama lampu hidup makin nyendat parah itu apamya gan
BalasHapusrangakaian pengapian bener gak bos
HapusBosku motor ane vegar kalau di pasang filter udara malah brebet bahkan karetnya aja juga brebet mohon penjelasanya bosku
BalasHapusGan mtr saya vario 150 udah pake karbu kalo di gas rpm 20km aja udh brebed parah udh di oba gantibkarbu ganti koil ganti cdi ganti busi udh smua pengapian juga gede bagus kira2 apanya tah ? Mohon di jwb
BalasHapusMksd nya berebed parah bkn di besarkan
HapusMotor suzuki rc 100 saat di gas putaran tinggi brebet dan kurang tenaga atau ngempos. Padahal kenalpot sdh di bersihkan, karburator sdh di ganti, sil as kruk juga sdh diganti. Kira apa penyebabnya y???
BalasHapusMotor saya gl 100 pengapian ac .saat motor di hidupkan normal2 saja tpi saat buat jln dan gas sudah mau full brebet tetapi saat menggunakan gigi 4 dan 5 tidak brebet.kira2 apanya ya
BalasHapusBang Mauk tanya motor saya kan Vega r nyuw 2006 kan arus AC saya rubah arus DC tapi gax saya pasang akinya terus kok berebet di rpm tinggi apa ngaruh kalok GX ada akinya bang
BalasHapusOm mtr sy beat karbu kl pake fiter berebet d rpm50 ke atas tp kl tutup filter d buka ngga berebet apa solusinya om
BalasHapusBos., motor saya jupiter mx 135., dr arus AC saya rubah k DC., tp setelah d rubah k DC knp motor saya jd brebet gtu yaa... kalo d arus AC motor masih bisa lari 105km., tp pas d rubah k DC td nya cuman bisa lari 60km itu pun dh berat bgt., stlh d bawa k bengkel d servis karbulator nya cuman bisa lari 80km., brebet nya hilang tp pas lari 80km tuh motor dh kya maw mati gtu... berat bgt ga bisa mw naek lg... tolong bos apa yg msti d ganti lg
BalasHapusmasalah dipengapian, cdi harus pake dc juga percuma kelistrikan dc pengapian masih ac
Hapus