Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meringkas Kabel Motor Shogun 110 dan Shogun 125

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara meringkas kabel untuk sepeda motor shogun 110 dan shogun 125, supaya jadi terlihat lebih rapih.

Kebanyakan untuk kelistrikan sepeda motor yang sudah tua banyak sekali yang sudah tidak terpakai contohnya seperti lampu sein, indikator speedo meter, stater, dan kelistrikan lainnya di karenakan motor tersebut hanya di gunakan untuk ke ladang ke sawah dan tentunya tidak di gunakan melewati jalan raya, terlebih lagi jika sudah tidak ada body motornya maka akan terlihat kabel - kabel yang berserakan.

Apabila dengan keadaan motor tanpa adanya lampu penerangan lampu sein lampu rem lampu senja, pastinya sangat berbahaya jika digunakan untuk melewati jalan raya yang mana bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya, dan tentunya jika ada polisi yang melihat pasti akan di beri sanksi bagi pengendara motor tersebut.

Langsung saja kita mulai eksekusinya yang tak lain adalah meringkas kabel instalasi sepeda motor shogun 110 dan shogun 125, supaya tetap bisa jalan tanpa kabel - kabel yang berserabutan di body motor tersebut karena kita buang, dan yang kita gunakan hanya kabel untuk jalur pengapian dan jalur lampu depan saja.


Baca juga : Warna Kabel Semua Motor

Dari gambar di atas anda bisa menggunakan kabel baru ataupun kabel bawaan motor tersebut, tetapi akan lebih baik lagi menggunakan kabel yang baru karena biasanya kabel yang sudah lama akan rapuh dan jelek.

Keterangan pada warna kabel yaitu warna Putih strip merah kabel dari spull yang menuju ke kiprok pengisian, kabel warna Hitam strip putih yaitu kabel massa berlaku untuk semua negatif massa, kabel warna Merah yaitu kabel positif 12 volt dari kiprok menuju ke cdi, kabel warna Putih strip biru yaitu kabel arus pengapian dari cdi menuju ke koil, kabel warna Kuning strip putih yaitu kabel arus yang menuju lampu penerangan atau lampu depan motor, kabel warna Biru strip kuning adalah kabel yang dari pulser menuju ke cdi dan letak pulser tersebut berada di bak magnet.

Usahakan untuk pemasangan instalasi tersebut dibuat serapih mungkin dan bungkus sambungan kabel menggunakan isolasi supaya tidak menimbulkan hubungan pendek atau konsleting, dan setiap sambungan harus benar - benar kuat supaya tidak lepas saat terkena gesekan terhadap barang bawaan anda karena body motor yang sudah tidak ada.

Dengan begitu motor anda akan terlihat lebih rapih walaupun tanpa adanya body yang menutupi rangka dan mesin motor anda karena hanya terlihat beberapa helai kabel saja yang menempel di rangka atau sasis motor tersebut.

77 komentar untuk "Meringkas Kabel Motor Shogun 110 dan Shogun 125"

  1. Kontak mati on tpi di stater gk bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus Tau dulu fungsi kabel Listrik motor.
      Ada warnanya.
      Coba belajar dulu soal itu.
      Kedepannya kayaknya gak bakal banyak Tanya, tapi banyak banyak Bantu info buat yg lain ya.

      Hapus
    2. Kabel body shogun 110 masuk gak sih ke shogun 125 bang?

      Hapus
  2. Trus kabel min dari aki ikut kemana...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambungkan setiap kabel min atau massa dari semua komponen kelistrikan termasuk aki jadi satu dan sambungkan ke rangka motor atau mesin motor

      Hapus
  3. Cara cek kiprok dan cdi, jebol atau tdk itu gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kiprok..tambahkan kabel secukupnya pada kabel warna merah dan juga kabel warna kuning...tempelkan ujung kabel antara yang kuning dan yang merah secara bergantian ke rangka atau sasis motor sambil di selah atau star motornya jika mengeluarkan percikan api maka kiprok bagus jika tidak berarti kiprok rusak, untuk cdi, cabut kabel soket yang ada pada koil kemudian tempelkan ke sasis massa motor selah atau star motor dan lihat apakah ada percikan api atau tidak

      Hapus
    2. Untuk jalur aki gimana gan

      Hapus

    3. Untuk menambah aki katup pada negatif aki sambungkan ke jalur kabel massa, sedangkan katup positif akinya sambungkan pada kabel yang warna merah tetapi beri sekring pada kabel positif akinya untuk pengaman

      Hapus
    4. Bsa minta WAnya ..???
      Soalnya penyakit motorku aneh..
      Keluaran Pengapian CDInya di jalur Massa heheheh sdh 2 CDI saya coba jalurnya tetap begitu...

      Hapus
    5. Abis pasang kabel sendiri atau dari Bengkel?
      apa kabel bawaan dari pabrikan ?

      Hapus
  4. Maaf gan mau tanya kalo tiba2 pengapiyan ilang gmna gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda bisa memulai mengecek pngapian dari, koil,cdi, kiprok kemudian spull...cek slah satu komponen tersebut yg mati

      Hapus
  5. Selamat sore gan,sy mau bertnyak ni gan knp api busi sering ilang²untuk suzuki shogun sp 125

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek arus yang keluar dari kiprok...untuk pengisian yaitu kabel warna merah

      Hapus
  6. Selamat malam Om saya mau bertanya kalo sogun sp saya kenapa ya kalo aki nya di copot pengapian nya ilang apa semua sogun sp begitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak om...kalau aki di cpot pngapian hilang mungkin kiprok untuk pengisian aki bermsalah, bisa juga sekring atau kabel ada yg konslet

      Hapus
  7. Gimana cara membuat lampu nyala saat di kontak on

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal ambil arus positif lampunya dari kabel warna oranye, tapi awas aki bisa tekor...supaya aki tidak tekor rubah dulu ke fullwave dengan mengganti koprok Tiger...

      Hapus
  8. Kabel lampu dekat tidak ada setrum(pengapian)gimana caranya gan?

    BalasHapus
  9. Cdi nya cepat mati gak gan klau gak pakai aki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pmakaian jngka pnjang sebaiknya pakai aki....

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Kalo mau nambahin lampu sen sama lampu rem gimana om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek artikel ku sebelumnya...bikin instalasi lampu sein motor

      Hapus
  12. cara nya nyambung lampu gmna ya misal gak pakai kiprok

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ke kabel kuning strip putih itugan..tapi jika gak pakai kiprok lampu putus...soalnya kiprok buat tahanan arus gan supaya arus stabil di kisaran 12 volt meskipun mesin di gas tinggi...apabila tidak pakai kiprok jika motor di gas tinggi lampu langsung putus

      Hapus
    2. Punya saya shogun sp 125 tahun 2005/6 kabel untuk lampu itu warna orange di gabung sama kuning hasil nya lampu nyala bagus.
      Sa
      Sa

      Hapus
  13. Yang di kunci kontak apakah memutuskan sambungan kabel dari CDI ke kiprok atau bagaimna min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar itu untuk memutuskan arus dari kiprok yg menuju cdi...

      Hapus
  14. Yang di kunci kontak apakah memutuskan sambungan kabel dari CDI ke kiprok atau bagaimna min ?

    BalasHapus
  15. Tanya om ....
    kalau pasang 2 biji rtd m02k 4 sisi pada shogun 125 2004 FULLWAVE gimana om ..? terimakasih

    BalasHapus
  16. Klo injeksi, sikat kabel nya gmn gan..
    Shogun NR..
    Mohon pencerahannya..?

    BalasHapus
  17. Kalau tidak ada percikan d coil bgaimna karna yg masuk d koil ada strongnya

    BalasHapus
  18. Om bikinin skema kabel body ninja r pengapian dc. Pakai cdi sogun kebo

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya sama saja gan...tinggal ikutin jalur seperti di atas...

      Hapus
  19. Balasan
    1. ya tinggal di pasangin aki aja gan...ambil jalurnya yg negatif jadiin satu sedangkan positif aki sambung kan ke kabel warna merah dan jangan lupa tambahkan sekring gan..

      Hapus
  20. Mau tanya om,Apakah kabel positif fulser shogun mngeluarkan Percikan Api ?

    BalasHapus
  21. Kenapa aki tanpa sikring ..smua lampu bisa menyala gan di motor shogun 125 ??apakah nantinya bisa bermasalah gan ??dan apakah fungsinya aki bila di tambahkan sikring nya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada intinya fungsi sekring itu untuk pengaman dari terjadinya konsleting arus listrik gan,,
      jika ada konsleting maka sekring akan putus sehingga aki akan aman gan,,,

      Hapus
  22. Kenapa aki tanpa sikring ..smua lampu bisa menyala gan di motor shogun 125 ??apakah nantinya bisa bermasalah gan ??dan apakah fungsinya aki bila di tambahkan sikring nya gan??

    BalasHapus
  23. gan gimana cara menambah terang lampu depan shogun sp 125 menggunakan kiprok. trus kalau bisa rangkaiannya gimana gan. thks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya kalau menggunakan lampu standar juga akan bertambah sedikit meskipun merubah komponen yg lainnya gan,,,bisa bisa malah lampu akan sering putus, penyebab lampu kurang terang bisa jadi reflektor yg sudah kusam,,,tipe bohlam tidak sesuai dengan standar pabrikannya,,, bisa spull mulai lemah, dan juga magnet bisa juga menjadi penyebab lampu kurang terang,,,soket kabel kotor dan kendor juga bisa bikin lampu tidak terang,,,

      Hapus
  24. Bos,mau tanya motor shogun r,di pasang aki tidak bisa buat stater dan ketika di kontak on lampu netral tidak hidup kira2 masalah di mana ny ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu permasalahan ada pada mananya ya om,,,lampu netral putuskah atau gmana,,,dan arus dari aki sudah benar benar mengaliri pada bagian kabel kelistrikan belum om setelah kunci posisi on,,,,jika tidak bisa stater bisa karena kabel putus, tombol stater rusak,,, bendik/switch stater rusak dan bisa dari arang atau kool stater sudah habis,,,,

      Hapus
  25. Ass
    Saya mau nanya min, motor saya shogun 125 Sp knapa ya lampu tak kuat lama,lampu Baru di pake jarak 100 mtr langsung putus,padahal kiprop baru di Ganti,apakah perlu pakai aki,soal nya ini gak pake aki..
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek massa yg menuju ke kiprok gan, apkah putus atau tidak

      Hapus
  26. Assalamualaikum,,, mau tnya nich,
    gw pnya shogun R 110, udah ganti sparepart nya kayak coil, kiprok, CDI semuanya baru,, kok tetep aja gak nyala,,, apa ada kerusakan lain ya,,, mohon info nya mksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk spull pengisiaanya gmna gan,,, bermasalah atau tidak,,, dan jngan lupa untuk mngecek jalur kabel kabelnya juga kbel kontaknya

      Hapus
  27. Maaf mw tanya om sein tidak mw menyala karna kabal tidak beraturan menyambung ya.. Itu bagaimana ya cara yg benar sambung kabel kembali untuk bisa sein hidup lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari artikel ku tentan lampu sein gan,,, ada kok

      Hapus
  28. Thanks gan ilmu nya

    BalasHapus
  29. Apakah kiprok shogun new 110 dgn kiprok shogun sp fd sama gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, tinggal cocokan jalur kabelnya, pasti bisa

      Hapus
  30. Gan kalau kabel cdi shogun 110 yg mau ke coilkok nyetrum itu permasalahan nya dimana

    BalasHapus
  31. Mau tanya Gan kalo standard sekring shogun R 110 itu berarapa ya ?.
    Sama kalo aki cepet tekor (g ngisi ) apa yang rusak ya ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkisar 10-15 amper, cek voltase pengisian menuju aki, jika lebih dari 14,5 volt maka aki akan cpat rusak, jika aki cpat tekor bisa di sebabkan karna aki sudah soak bisa juga di sebabkan lampu rem selalu nyala akibat switch rem rusak

      Hapus
  32. Gimana cara psang kbel aki ke kiprok shogun

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambung positif aki menggunakan kabel menuju kabel warna merah sesuai di gambar dan jangan lupa tambahkan skring, dan negatif aki menuju kabel warna hitam strip putih

      Hapus
  33. Mas mau tanya
    Klo busi udh ganti CDI udh ganti tapi tetep motornya gak mau hidup..,gmna mas mhon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika pengapian ad masalah di lain tempat, misal karbunya atau kompresi motor yg hilang, jika pengapian gak ada cdi dan busi baru tapi pengapian masih hilang bisa di kabel pulser kunci kontak, jalur pengisian bermasalah bang

      Hapus
  34. Untuk motor Shogun sp jalur kabel nya aki itu di ambil dari mana?
    Maklum kabel motor nya Sudak gak utuh lagi

    BalasHapus
  35. aq suka banget baca smua tnya jawah di atas salut buat kalian smua (( aq jg ada shogun- penyakitnya q alami tentu otomatis terjawab dari kalian2πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ™))) smoga raden guru yg arif atas jawaban2Nya aq doakan REJEQIe luaaannnncar ser kluarga sejat selallluuuuuπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus