Meringkas Kabel Motor Shogun 110 dan Shogun 125
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara meringkas kabel untuk sepeda motor shogun 110 dan shogun 125, supaya jadi terlihat lebih rapih.
Kebanyakan untuk kelistrikan sepeda motor yang sudah tua banyak sekali yang sudah tidak terpakai contohnya seperti lampu sein, indikator speedo meter, stater, dan kelistrikan lainnya di karenakan motor tersebut hanya di gunakan untuk ke ladang ke sawah dan tentunya tidak di gunakan melewati jalan raya, terlebih lagi jika sudah tidak ada body motornya maka akan terlihat kabel - kabel yang berserakan.
Apabila dengan keadaan motor tanpa adanya lampu penerangan lampu sein lampu rem lampu senja, pastinya sangat berbahaya jika digunakan untuk melewati jalan raya yang mana bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya, dan tentunya jika ada polisi yang melihat pasti akan di beri sanksi bagi pengendara motor tersebut.
Langsung saja kita mulai eksekusinya yang tak lain adalah meringkas kabel instalasi sepeda motor shogun 110 dan shogun 125, supaya tetap bisa jalan tanpa kabel - kabel yang berserabutan di body motor tersebut karena kita buang, dan yang kita gunakan hanya kabel untuk jalur pengapian dan jalur lampu depan saja.
Baca juga : Warna Kabel Semua Motor
Dari gambar di atas anda bisa menggunakan kabel baru ataupun kabel bawaan motor tersebut, tetapi akan lebih baik lagi menggunakan kabel yang baru karena biasanya kabel yang sudah lama akan rapuh dan jelek.
Keterangan pada warna kabel yaitu warna Putih strip merah kabel dari spull yang menuju ke kiprok pengisian, kabel warna Hitam strip putih yaitu kabel massa berlaku untuk semua negatif massa, kabel warna Merah yaitu kabel positif 12 volt dari kiprok menuju ke cdi, kabel warna Putih strip biru yaitu kabel arus pengapian dari cdi menuju ke koil, kabel warna Kuning strip putih yaitu kabel arus yang menuju lampu penerangan atau lampu depan motor, kabel warna Biru strip kuning adalah kabel yang dari pulser menuju ke cdi dan letak pulser tersebut berada di bak magnet.
Usahakan untuk pemasangan instalasi tersebut dibuat serapih mungkin dan bungkus sambungan kabel menggunakan isolasi supaya tidak menimbulkan hubungan pendek atau konsleting, dan setiap sambungan harus benar - benar kuat supaya tidak lepas saat terkena gesekan terhadap barang bawaan anda karena body motor yang sudah tidak ada.
Dengan begitu motor anda akan terlihat lebih rapih walaupun tanpa adanya body yang menutupi rangka dan mesin motor anda karena hanya terlihat beberapa helai kabel saja yang menempel di rangka atau sasis motor tersebut.
Kebanyakan untuk kelistrikan sepeda motor yang sudah tua banyak sekali yang sudah tidak terpakai contohnya seperti lampu sein, indikator speedo meter, stater, dan kelistrikan lainnya di karenakan motor tersebut hanya di gunakan untuk ke ladang ke sawah dan tentunya tidak di gunakan melewati jalan raya, terlebih lagi jika sudah tidak ada body motornya maka akan terlihat kabel - kabel yang berserakan.
Apabila dengan keadaan motor tanpa adanya lampu penerangan lampu sein lampu rem lampu senja, pastinya sangat berbahaya jika digunakan untuk melewati jalan raya yang mana bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya, dan tentunya jika ada polisi yang melihat pasti akan di beri sanksi bagi pengendara motor tersebut.
Langsung saja kita mulai eksekusinya yang tak lain adalah meringkas kabel instalasi sepeda motor shogun 110 dan shogun 125, supaya tetap bisa jalan tanpa kabel - kabel yang berserabutan di body motor tersebut karena kita buang, dan yang kita gunakan hanya kabel untuk jalur pengapian dan jalur lampu depan saja.
Baca juga : Warna Kabel Semua Motor
Dari gambar di atas anda bisa menggunakan kabel baru ataupun kabel bawaan motor tersebut, tetapi akan lebih baik lagi menggunakan kabel yang baru karena biasanya kabel yang sudah lama akan rapuh dan jelek.
Keterangan pada warna kabel yaitu warna Putih strip merah kabel dari spull yang menuju ke kiprok pengisian, kabel warna Hitam strip putih yaitu kabel massa berlaku untuk semua negatif massa, kabel warna Merah yaitu kabel positif 12 volt dari kiprok menuju ke cdi, kabel warna Putih strip biru yaitu kabel arus pengapian dari cdi menuju ke koil, kabel warna Kuning strip putih yaitu kabel arus yang menuju lampu penerangan atau lampu depan motor, kabel warna Biru strip kuning adalah kabel yang dari pulser menuju ke cdi dan letak pulser tersebut berada di bak magnet.
Usahakan untuk pemasangan instalasi tersebut dibuat serapih mungkin dan bungkus sambungan kabel menggunakan isolasi supaya tidak menimbulkan hubungan pendek atau konsleting, dan setiap sambungan harus benar - benar kuat supaya tidak lepas saat terkena gesekan terhadap barang bawaan anda karena body motor yang sudah tidak ada.
Dengan begitu motor anda akan terlihat lebih rapih walaupun tanpa adanya body yang menutupi rangka dan mesin motor anda karena hanya terlihat beberapa helai kabel saja yang menempel di rangka atau sasis motor tersebut.
Kontak mati on tpi di stater gk bisa
BalasHapusmati on gimana gan
HapusHarus Tau dulu fungsi kabel Listrik motor.
HapusAda warnanya.
Coba belajar dulu soal itu.
Kedepannya kayaknya gak bakal banyak Tanya, tapi banyak banyak Bantu info buat yg lain ya.
Kabel body shogun 110 masuk gak sih ke shogun 125 bang?
HapusTrus kabel min dari aki ikut kemana...?
BalasHapussambungkan setiap kabel min atau massa dari semua komponen kelistrikan termasuk aki jadi satu dan sambungkan ke rangka motor atau mesin motor
HapusCara cek kiprok dan cdi, jebol atau tdk itu gimana gan ?
BalasHapusuntuk kiprok..tambahkan kabel secukupnya pada kabel warna merah dan juga kabel warna kuning...tempelkan ujung kabel antara yang kuning dan yang merah secara bergantian ke rangka atau sasis motor sambil di selah atau star motornya jika mengeluarkan percikan api maka kiprok bagus jika tidak berarti kiprok rusak, untuk cdi, cabut kabel soket yang ada pada koil kemudian tempelkan ke sasis massa motor selah atau star motor dan lihat apakah ada percikan api atau tidak
HapusUntuk jalur aki gimana gan
Hapus
HapusUntuk menambah aki katup pada negatif aki sambungkan ke jalur kabel massa, sedangkan katup positif akinya sambungkan pada kabel yang warna merah tetapi beri sekring pada kabel positif akinya untuk pengaman
Bsa minta WAnya ..???
HapusSoalnya penyakit motorku aneh..
Keluaran Pengapian CDInya di jalur Massa heheheh sdh 2 CDI saya coba jalurnya tetap begitu...
Abis pasang kabel sendiri atau dari Bengkel?
Hapusapa kabel bawaan dari pabrikan ?
Maaf gan mau tanya kalo tiba2 pengapiyan ilang gmna gan...
BalasHapusanda bisa memulai mengecek pngapian dari, koil,cdi, kiprok kemudian spull...cek slah satu komponen tersebut yg mati
HapusSelamat sore gan,sy mau bertnyak ni gan knp api busi sering ilang²untuk suzuki shogun sp 125
BalasHapuscoba di cek arus yang keluar dari kiprok...untuk pengisian yaitu kabel warna merah
HapusSelamat malam Om saya mau bertanya kalo sogun sp saya kenapa ya kalo aki nya di copot pengapian nya ilang apa semua sogun sp begitu ya?
BalasHapustidak om...kalau aki di cpot pngapian hilang mungkin kiprok untuk pengisian aki bermsalah, bisa juga sekring atau kabel ada yg konslet
HapusGimana cara membuat lampu nyala saat di kontak on
BalasHapustinggal ambil arus positif lampunya dari kabel warna oranye, tapi awas aki bisa tekor...supaya aki tidak tekor rubah dulu ke fullwave dengan mengganti koprok Tiger...
HapusKabel lampu dekat tidak ada setrum(pengapian)gimana caranya gan?
BalasHapusperiksa pada saklar jauh dekatnya gan...
HapusCdi nya cepat mati gak gan klau gak pakai aki.
BalasHapusuntuk pmakaian jngka pnjang sebaiknya pakai aki....
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKalo mau nambahin lampu sen sama lampu rem gimana om?
BalasHapussilahkan cek artikel ku sebelumnya...bikin instalasi lampu sein motor
Hapuscara nya nyambung lampu gmna ya misal gak pakai kiprok
BalasHapusya ke kabel kuning strip putih itugan..tapi jika gak pakai kiprok lampu putus...soalnya kiprok buat tahanan arus gan supaya arus stabil di kisaran 12 volt meskipun mesin di gas tinggi...apabila tidak pakai kiprok jika motor di gas tinggi lampu langsung putus
HapusPunya saya shogun sp 125 tahun 2005/6 kabel untuk lampu itu warna orange di gabung sama kuning hasil nya lampu nyala bagus.
HapusSa
Sa
Yang di kunci kontak apakah memutuskan sambungan kabel dari CDI ke kiprok atau bagaimna min ?
BalasHapusiya benar itu untuk memutuskan arus dari kiprok yg menuju cdi...
HapusYang di kunci kontak apakah memutuskan sambungan kabel dari CDI ke kiprok atau bagaimna min ?
BalasHapusiya betul gan
HapusTanya om ....
BalasHapuskalau pasang 2 biji rtd m02k 4 sisi pada shogun 125 2004 FULLWAVE gimana om ..? terimakasih
Tetep aja putus gan
BalasHapusIzin save
BalasHapusoke
HapusKlo yg injeksi
BalasHapusbelum pernah nyoba gan
HapusKlo injeksi, sikat kabel nya gmn gan..
BalasHapusShogun NR..
Mohon pencerahannya..?
blum prnh nyoba yg injeksi gan...
HapusKalau tidak ada percikan d coil bgaimna karna yg masuk d koil ada strongnya
BalasHapusada strongnya gmna gan
HapusOm bikinin skema kabel body ninja r pengapian dc. Pakai cdi sogun kebo
BalasHapussebenernya sama saja gan...tinggal ikutin jalur seperti di atas...
HapusAkinya kok gak ada gan?
BalasHapusya tinggal di pasangin aki aja gan...ambil jalurnya yg negatif jadiin satu sedangkan positif aki sambung kan ke kabel warna merah dan jangan lupa tambahkan sekring gan..
HapusMau tanya om,Apakah kabel positif fulser shogun mngeluarkan Percikan Api ?
BalasHapuskabel pulser tidak memercikan api gan
HapusKenapa aki tanpa sikring ..smua lampu bisa menyala gan di motor shogun 125 ??apakah nantinya bisa bermasalah gan ??dan apakah fungsinya aki bila di tambahkan sikring nya gan??
BalasHapuspada intinya fungsi sekring itu untuk pengaman dari terjadinya konsleting arus listrik gan,,
Hapusjika ada konsleting maka sekring akan putus sehingga aki akan aman gan,,,
Kenapa aki tanpa sikring ..smua lampu bisa menyala gan di motor shogun 125 ??apakah nantinya bisa bermasalah gan ??dan apakah fungsinya aki bila di tambahkan sikring nya gan??
BalasHapusgan gimana cara menambah terang lampu depan shogun sp 125 menggunakan kiprok. trus kalau bisa rangkaiannya gimana gan. thks...
BalasHapussepertinya kalau menggunakan lampu standar juga akan bertambah sedikit meskipun merubah komponen yg lainnya gan,,,bisa bisa malah lampu akan sering putus, penyebab lampu kurang terang bisa jadi reflektor yg sudah kusam,,,tipe bohlam tidak sesuai dengan standar pabrikannya,,, bisa spull mulai lemah, dan juga magnet bisa juga menjadi penyebab lampu kurang terang,,,soket kabel kotor dan kendor juga bisa bikin lampu tidak terang,,,
HapusBos,mau tanya motor shogun r,di pasang aki tidak bisa buat stater dan ketika di kontak on lampu netral tidak hidup kira2 masalah di mana ny ya?
BalasHapusitu permasalahan ada pada mananya ya om,,,lampu netral putuskah atau gmana,,,dan arus dari aki sudah benar benar mengaliri pada bagian kabel kelistrikan belum om setelah kunci posisi on,,,,jika tidak bisa stater bisa karena kabel putus, tombol stater rusak,,, bendik/switch stater rusak dan bisa dari arang atau kool stater sudah habis,,,,
HapusAss
BalasHapusSaya mau nanya min, motor saya shogun 125 Sp knapa ya lampu tak kuat lama,lampu Baru di pake jarak 100 mtr langsung putus,padahal kiprop baru di Ganti,apakah perlu pakai aki,soal nya ini gak pake aki..
Trimakasih
coba cek massa yg menuju ke kiprok gan, apkah putus atau tidak
HapusAssalamualaikum,,, mau tnya nich,
BalasHapusgw pnya shogun R 110, udah ganti sparepart nya kayak coil, kiprok, CDI semuanya baru,, kok tetep aja gak nyala,,, apa ada kerusakan lain ya,,, mohon info nya mksih.
untuk spull pengisiaanya gmna gan,,, bermasalah atau tidak,,, dan jngan lupa untuk mngecek jalur kabel kabelnya juga kbel kontaknya
HapusMaaf mw tanya om sein tidak mw menyala karna kabal tidak beraturan menyambung ya.. Itu bagaimana ya cara yg benar sambung kabel kembali untuk bisa sein hidup lg..
BalasHapuscari artikel ku tentan lampu sein gan,,, ada kok
HapusThanks gan ilmu nya
BalasHapussama sama gan
HapusApakah kiprok shogun new 110 dgn kiprok shogun sp fd sama gan?
BalasHapussama gan, tinggal cocokan jalur kabelnya, pasti bisa
HapusGan kalau kabel cdi shogun 110 yg mau ke coilkok nyetrum itu permasalahan nya dimana
BalasHapusgak papa gan, emang begitu
HapusMau tanya Gan kalo standard sekring shogun R 110 itu berarapa ya ?.
BalasHapusSama kalo aki cepet tekor (g ngisi ) apa yang rusak ya ?.
berkisar 10-15 amper, cek voltase pengisian menuju aki, jika lebih dari 14,5 volt maka aki akan cpat rusak, jika aki cpat tekor bisa di sebabkan karna aki sudah soak bisa juga di sebabkan lampu rem selalu nyala akibat switch rem rusak
HapusGimana cara psang kbel aki ke kiprok shogun
BalasHapussambung positif aki menggunakan kabel menuju kabel warna merah sesuai di gambar dan jangan lupa tambahkan skring, dan negatif aki menuju kabel warna hitam strip putih
HapusMas mau tanya
BalasHapusKlo busi udh ganti CDI udh ganti tapi tetep motornya gak mau hidup..,gmna mas mhon pencerahan nya
jika pengapian ad masalah di lain tempat, misal karbunya atau kompresi motor yg hilang, jika pengapian gak ada cdi dan busi baru tapi pengapian masih hilang bisa di kabel pulser kunci kontak, jalur pengisian bermasalah bang
HapusUntuk motor Shogun sp jalur kabel nya aki itu di ambil dari mana?
BalasHapusMaklum kabel motor nya Sudak gak utuh lagi
aq suka banget baca smua tnya jawah di atas salut buat kalian smua (( aq jg ada shogun- penyakitnya q alami tentu otomatis terjawab dari kalian2ππππ))) smoga raden guru yg arif atas jawaban2Nya aq doakan REJEQIe luaaannnncar ser kluarga sejat selallluuuuuπππππππ
BalasHapus