Arti Kode Mil Motor Honda PGM-FI
Saat ini semua kendaraan bermotor semakin canggih, dengan adanya sistem injeksi sebagai pengganti karburator yang ada pada sepeda motor.
Namanya juga
bikinan manusia pasti suatu saat semua komponen yang sudah lama juga bakalan
rusak, Motor injeksi mempunyai indikator kedipan yang ada pada panel speedo
meter, kedipan indikator itu bukan sembarang kedipan karna semua itu mempunyai
arti bahwa salah satu komponen sepeda motor sedang mengalami masalah.
jika anda
memiliki masalah dengan motor anda dan menemui indikator injeksi berkedip
secara tidak normal sebaiknya anda segera perbaiki motor anda.
dibawah ini
saya akan memberikan arti kedipan yang ada pada indikator injeksi sepeda motor
honda PGM-FI.
1 kedipan
Kedipan
ini memberikan arti bahwa sensor MAP
(Manifold Absolute Presure) sedang mengalami kerusakan. MAP sendiri berfungsi
sebagai pendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dengan cara
mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Ketika sensor MAP ini
bermasalah maka yang akan terjadi MIL akan memberikan sinyal kedipan satu kali
namun berulang ulang. Meskipun sensor ini rusak, mesin akan tetap hidup kan
tetapi sebaiknya segeralah memperbaiki kerusakan tersebut.
7 kedipan
7 kedipan
merupakan sinyal indikator kerusakan pada bagian sensor Engine Oil Temperatur
(EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT). Sensor tersebut digunakan untuk
mendeteksi perubahan suhu mesin dengan mengubahnya ke dalam perubahan pada
nilai tambahan thermistor. Kemudian sinyal elektrik yang dihasilkan oleh sensor
tersebut dikirimkan ke ECM untuk menyesuaikan jumlah injeksi bahan bakar dan
waktu pengapian berdasarkan temperatur mesin. Sehingga jika terjadi kerusakan
pada sensor EOT maupun ECT maka akibatnya mesin akan sulit dihidupkan pada
kondisi mesin dingin.
8 kedipan
Kedipan ini
merupakan kode kerusakan yang paling berpengaruh pada performa mesin. Sebab
kode ini memberikan arti bahwa ada kerusakan pada sensor Throttle Position (TP
sensor). TP sensor berfungsi untuk mendeteksi sudut bukaan throttle valve.
Sehingga jika sensor ini rusak maka akselerasi mesin motor Anda akan menurun.
9 kedipan
Kedipan ini
berhubungan dengan kerusakan pada sensor Intake Air Temperature (IAT). IAT di
pasang agar dapat mengatur percampuran udara dan bahan bakar sesuai dengan
temperatur udara pada intake. Jika sensor ini rusak memang tidak terasa
berpengaruh pada mesin akan tetapi lebih baiknya jika Anda tetap harus memperbaiki
kerusakan ini agar tidak menjalar pada komponen lain.
12 kedipan
Kode sinyal
kedipan berjumlah 12 kali ini juga salah satu kerusakan sistem injeksi yang
termasuk fatal. Bisa dipastikan jika MIL mengirimkan kode kerusakan sebanyak 12
kedipan maka pasti motor Anda dalam keadaan mati atau mogok. Sebab kode sinyal
ini berasal dari kerusakan injektor yang menempel pada bagian throttle body.
Jika injektor ini rusak maka penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar menjadi
terhenti dan membuat mesin akan mati.
21 kedipan
21 kedipan
MIL adalah megisyaratkan bahwa sensor O2 yang terdapat pada motor Honda PGM-FI
sedang mengalami kerusakan. Cara kerja sensor ini adalah untuk memperbaiki
campuran udara dan bahan bakar dengan mendeteksi konsentrasi oksigen dari hasil
pembakaran. Sensor yang terpasang pada bagian saluran pembuangan silinder head
ini ketika terjadi kerusakan memang tidaklah berpengaruh pada performa mesin
namun jumlah kedipan yang di dapatkan pada MIL memberikan saran agar Anda
memperbaiki kerusakan tersebut.
29 kedipan
Sensor Idle
Air Control Valve (IACV) mempunyai fungsi sebagai pengatur jumlah aliran udara
yang mengalir pada putaran stasioner. Jadi dengan adanya sensor IACV, Anda tek
perlu lagi menyetel aliran udaranya karena sudah otomatis menyesuaikan dari
putaran mesin stasioner. Kerusakan sensor inilah yang menyebabkan MIL berkedip
sebanyak 29 kali kedipan. Sensor ini berhubungan langsung pada putaran
stasioner mesin sehingga jika terjadi kerusakan maka yang akan terjadi adalah
mesin motor akan sulit untuk dihidupkan.
33 kedipan
Kedipan ini
bukanlah berasal dari kerusakan sensor-sensor pada motor PGM-FI akan tetapi
berasal dari kerusakan bagian otak motor Honda PGM-FI yakni dari Engine Control
Module (ECM). ECM atau yang biasa disebut Enggine Contol Unit (ECU) berkerja
dengan menerima sinyal yang dihasilkan oleh sensor-sensor yang tersdapat pada
mesin kemudian ECU akan mengolah data tersebut menggunakan peta kinerja multi
dimensi (look-up table) untuk menentukan pencampuran air, udara, bahan bakar
yang digunakan untuk mesin Honda PGM-FI.
52 kedipan
Kedipan ini menandakan bahwa Sensor CKP pada bagian Spull motor error atau rusak, bisa juga dikarenakan kabel sensor CKP tersebut ada yang putus atau terkelupas dan bergesekan dengan mesin motor, sehingga kedipan mil dengan kode 52 akan muncul terus menerus, dan motor akan sering mati jika dibawa jalan bahkan tidak dapat hidup sama sekali.
54 kedipan
Kedipan yang
terakhir ini memberikan pernyatan bahwa Bank Angle Sensor pada motor Anda
mengalami kerusakan. Sensor ini berhubungan langsung pada keselamatan Anda
ketika terjadi kecelakaan karena Bank Angle Sensor bertugas memberikan sensor
posisi motor ketika terjadi
kecelakaan.
Sehingga ketika motor terjatuh, secara otomatis sensor ini memberikan perintah
untuk mematikan mesin. Jika Bank Angle Sensor rusak maka mengakibatkan mesin
motor tidak bisa dihidupkan karena sensor ini akan mematikan beberapa fungsi
komponen motor Anda seperti injector, fuel pump dan ignition coil.
Perlu Anda
ketahui bahwa sepeda motor Honda yang mengadopsi sistem injeksi tidak memiliki
semua sensor seperti diatas, akan tetapi semua sepeda motor Honda injeksi
memiliki sinyal MIL untuk memberikan peingatan kerusakan fungsi dari komponen
motor Honda injeksi.
Itulah arti
kedipan pada indikator injeksi mesin sepeda motor honda PGM-FI.
Posting Komentar untuk "Arti Kode Mil Motor Honda PGM-FI"